Tenaga kesehatan Puskesmas Lombok Utara pelatihan teknis vaksinasi COVID-19

id Lombok Utara,Vaksin COVID-19,Protokol Kesehatan

Tenaga kesehatan Puskesmas Lombok Utara pelatihan teknis vaksinasi COVID-19

Simulasi penanganan wisatawan diduga terjangkit COVID-19 di Kabupaten Lombok Utara. (ANTARA/HO/Basarnas)

Mataram (ANTARA) - Sejumlah tenaga kesehatan dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Lombok Utara mengikuti pelatihan terkait teknis tindakan pemberian vaksin COVID-19 di Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat.

"Saat ini, mereka tengah menjalani pelatihan di provinsi guna memantapkan teknis dalam melakukan tindakan vaksinasi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara I ketut Jaya, di Kabupaten Lombok Utara, Kamis (16/12).

Ia mengatakan pemerintah telah menetapkan pandemi COVID-19  sebagai bencana nonalam di Indonesia sejak pertengah Maret 2020.

Kondisi tersebut telah banyak berpengaruh, tidak hanya di sektor kesehatan, namun juga di sektor lain, seperti ekonomi, pariwisata dan pendidikan. Oleh sebab itu, segala upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus berbahaya tersebut, termasuk pengembangan vaksin COVID-19.

"Kami juga telah mendapatkan petunjuk teknis dari pusat terkait tata laksana pemberian vaksin dan sasarannya," ujar Ketut.

Pihaknya juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi COVID-19.

Meskipun vaksin COVID-19 telah ditemukan, lanjut Ketut, masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.