Perpustakaan NTB menggelar lomba bertutur untuk bangun karakter anak

id NTB,Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB,Lomba Betutur,Pendidikan Karakter,Perpustakaan NTB gelar lomba bertutur,lomba b

Perpustakaan NTB menggelar lomba bertutur untuk bangun karakter anak

Para pemenang lomba bertutur tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat menerima hadiah di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan NTB di Mataram, Selasa (22/6/2021). (ANTARA/Diskominfotik NTB).

Mataram (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nusa Tenggara Barat menggelar lomba bertutur dalam upaya membangun dan membentuk karakter anak di provinsi itu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Julmansyah, Selasa mengatakan, lomba bertutur merupakan salah sarana yang tepat dalam membangun dan membentuk karakter anak. Apalagi bertutur dengan baik dihadapan publik, seorang anak membutuhkan keberanian, kemampuan mengkoordinasikan seluruh panca indra sehingga dinilai dapat melatih mental, sistimatisasi berfikir mereka sejak kecil.

"Proses menjadi seorang yang mampu bertutur dengan baik tidak mudah. Tetapi jika anak-anak sejak sekarang dilatih memiliki kemampuan berbicara depan publik maka ketika mereka dewasa akan memiliki kemampuan retorika dan public speaking yang baik, kelak menjadi life skill mereka," ujarnya usai membuka Lomba Bertutur di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan NTB di Mataram.

Menurutnya, tradisi bertutur di NTB perlahan mulai luntur dan jarang ditemui di tengah-tengah masyarakat. Terutama tradisi bertutur melalui dongeng yang disampaikan pada anak dan cucu menjelang tidur.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh dinas perpustakaan di NTB untuk dapat memfasilitasi dan mensupport tradisi bertutur bagi anak melalui dongenng maupun lomba lainnya," katanya.

Lomba bertutur ini merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh perwakilan kabupaten kota se-Provinsi NTB. Lomba bertutur juga rangkaian dari berbagai lomba, mulai lomba perpustakaan desa, lomba perpustakaan SMA/SMK serta lomba bertutur.

"Kegiatan telah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI," ucapnya.

Usai perlombaan, dilakukan pembacaan pengumuman pemenang yang disampaikan oleh Dr Kadri perwakilan dewan juri. Adapun pemenang lomba bertutur tingkat provinsi ini, yakni juara 1 Lalu Nizzar Rayyan dari SDN 22 Praya Lombok Tengah, juara 2 Putri Zulfairah SDN 2 Labuan Sumbawa, juara 3 Ronaldo Sopha SD Alethea Mataram.

Sedangkan untuk juara harapan I Zafeera AfkarMughni SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima, juara harapan II Putri Rabiatul Adawiah SDN Sondosia Kabupaten Bima dan juara harapan III Aqila Zahayu Mahfuz SDN 1 Gerung Utara Lombok Barat.

"Selanjutnya pemenang pertama akan mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional," katanya.