UNIZAR menggelar wisuda ke-70 dengan menerapkan protokol kesehatan

id Wisuda UNIZAR,Universitas Islam Al-Azhar,Mataram

UNIZAR menggelar wisuda ke-70 dengan menerapkan protokol kesehatan

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al Azhar, H. Nanang Samodra saat menyampaikan sambutan pada wisuda UNIZAR ke-70. (ANTARA/HO-UNIZAR)

Mataram (ANTARA) - Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram, Nusa Tenggara Barat menggelar wisuda sarjana strata satu (S1) yang ke-70 tahun akademik 2021/2022 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara wisuda berlangsung dengan lancar di Prime Park Hotel, Mataram, pada Kamis 23 Desember 2021.

Wisudawan yang melaksanakan wisuda pada semester genap tahun 2021 berjumlah sebanyak 170 orang yang berasal dari enam fakultas di UNIZAR, di antaranya wisudawan yang berasal dari Fakultas Ekonomi berjumlah 17 orang, Fakultas Hukum 89 orang, Fakultas MIPA 2 orang, Fakultas Teknik 39 orang, Fakultas Pertanian 5 orang, dan Fakultas Kedokteran sebanyak 18 orang.  

Dari 170 wisudawan tersebut, 10 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Islam Al-azhar, Dr Ir Muh Ansyar, MP, mengapresiasi peran serta sejumlah pihak yang turut membantu mengembangkan pendidikan di kampus UNIZAR.

"Atas nama segenap civitas akademika, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para wisudawan, atas kesuksesan yang telah diraih. Tak lupa pula, apresiasi kepada para pendamping wisudawan/wisudawati yang telah bekerja sama dengan kampus UNIZAR dalam mencetak lulusan-lulusan yang membanggakan," katannya.

"Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh wisudawan atas kesuksesan yang di raih di kampus Universitas Islam Al-Azhar begitu juga kepada para orang tua wali yang tanpa kenal lelah, mengantarkan putra putrinya dalam mencapai keberhasilan di kampus UNIZAR," ucap Muh Ansyar.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan sejumlah capaian yang diperoleh civitas akademika UNIZAR mulai dari pertukaran pelajar mahasiswa sebanyak 16 orang ke Pulau Jawa, dan 12 mahasiswa dari Universitas di Pulau Jawa yang mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Islam Al-Azhar.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah di raih oleh mahasiswa sepanjang tahun 2021, di antaranya adalah Juara Satu Bulutangkis Putri dari Fakultas Ekonomi, Juara Satu dan Juara Dua Putri Indonesia Nusa Tenggara Barat dari Fakultas Kedokteran, Brand Ambassador Beasiswa NTB dari Fakultas Kedokteran, serta Juara Lima Tingkat Nasional Debat Konstitusi dari Fakultas Hukum.

Selanjutnya, pada akhir 2021 tepatnya pada 14-15 Desember, UNIZAR bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, telah berhasil menyeelenggarakan even international berupa sustainable tourism international conference, di mana peserta dan pembicaranya berasal dari berbagai negara, seperti Australia, New Zealand, Vietnam, Turki dan berbagai negara lainnya.

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar H Nanang Samodra juga menyampaikan beberapa pesan kepada setiap fakultas yang berada di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar.

Salah satunya adalah pesan kepada Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar, agar berpartisipasi dalam mempersiapkan Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankkan Syariah sebagai sebuah langkah awal pendirian sebuah fakultas baru kelak, yaitu Fakultas Agama Islam.

Mengakhiri pidato sambutannya, Nanang mengungkapkan rasa bangganya akan capaian demi capaian mahasiswa UNIZAR yang tentu membuat mereka bangga berkuliah di UNIZAR.

Momen upacara wisuda diwarnai dengan beberapa rangkain acara menarik dan inspiratif, seperti pidato wisuda yang dibacakan oleh wisudawan terbaik yakni Yudi Harmeka.

Dalam pidatonya, ia mengajak segenap hadirin untuk bersyukur dan merayakan capaian hidup mereka, bahwa capaian wisuda ini bukanlah perjalanan secara individu saja, namun juga melibatkan peran banyak pihak seperti keluarga dan dosen.

"Maka kelak jika kita melewati hal-hal sulit, ingatlah hari ini," tuturnya.

Tak luput pula dihadirkan persembahan dari mahasiswa UNIZAR berupa tarian bertema "Wonderful Indonesia", di mana sejumlah mahasiswa menyuguhkan tarian-tarian kreasi berbagai daerah di nusantara.

Dengan berakhirnya rangkaian prosesi wisuda, segenap Civitas Akademika UNIZAR berharap untuk terus maju dan bersinergi dalam mencetak lulusan yang cerdas dan bermartabat demi mencapai misi UNIZAR yang berdaya saing di tingkat regional.