Gelar Wisuda ke-72, Universitas Islam Al-Azhar lahirkan ratusan sarjana baru

id Unizar,Universitas Islam Al-Azhar,Nanang Samodra

Gelar Wisuda ke-72, Universitas Islam Al-Azhar lahirkan ratusan sarjana baru

Rektor Unizar beserta jajarannya saat menghadiri prosesi wisuda Unizar ke-72 di Aula Abdurrahim, pada Sabtu (17/12/2022). ANTARA/HO-Humas Unizar

Mataram (ANTARA) - Civitas akademika Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara wisuda sarjana strata satu (S1) yang ke-72, tahun akademik 2022/2023. Acara yang berlangsung pada Sabtu (17/12), berjalan dengan lancar dan khidmat. Ratusan wisudawan-wisudawati hadir memenuhi Aula Abdurrahim Unizar dan didampingi oleh keluarga.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Rektor Unizar dan segenap civitas akademika di lingkungan Unizar, beserta dengan tamu undangan. 

Adapun tamu undangan yang hadir diantaranya Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII: Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., APEC.Eng.; Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV: Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag. 

Hadir pula mengikuti acara wisuda secara online melalui aplikasi zoom meeting, yakni Dewan Pembina Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar beserta jajarannya dan Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar: Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA., M.Sc beserta ibu.

Wisudawan-wisudawati yang hadir dalam acara tersebut berasal dari enam fakultas, yang terdiri atas Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), dan Fakultas Kedokteran (FK). 

Dari ratusan wisudawan-wisudawati yang hadir, 13 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude. Predikat IPK tertinggi, dengan nilai 3,82, diraih oleh Lilis Suryani, S.E, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Ekonomi Pembangunan.

Membuka sambutannya, Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para wisudawan-wisudawati atas kesuksesan yang telah diraih. Tak lupa pula beliau mengucapkan apresiasi kepada para orang tua/wali pendamping yang telah bekerja sama dengan pihak kampus dalam mencetak lulusan-lulusan yang membanggakan.

“Dengan rasa syukur dan bahagia, kami menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan atas kesuksesan yang telah diraih setelah menempuh pendidikan di kampus yang kita cintai dan banggakan ini. Saya percaya bahwa capaian akademik yang saudara raih tersebut merupakan hasil dari jerih payah, ketekunan, dan keuletan saudara, disertai dukungan moral dan do’a dari orang tua, keluarga, dan kerabat. Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada orang tua/wali wisudawan atas keberhasilannya mengantarkan putra-putrinya mencapai keberhasilan dalam menempuh pendidikan tinggi di Universitas Islam Al-Azhar,” ucap Dr. Ansyar.

Lebih lanjut, Rektor mengucap syukur karena wisuda ke-72 ini kembali dilaksanakan di kampus, setelah beberapa kali sebelumnya, dengan sangat terpaksa, wisuda harus dilaksanakan di luar kampus. 

Hal ini dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, yang berlangsung lebih dari dua tahun, sehingga berbagai hal harus disesuaikan, termasuk tempat pelaksanaan wisuda.

Rektor juga memaparkan bahwa setelah melalui perjalanan yang panjang dan tidak mudah, saat ini surat keputusan izin pembukaan Program Studi Ilmu Komputer di Unizar telah keluar dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023. 

Civitas akademika Unizar pun telah mengusulkan pembukaan Fakultas Agama Islam melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, dengan dua Program Studi, yakni Ekonomi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah. Saat ini surat izinnya pun sudah keluar dan akan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Dalam sambutannya secara online, Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA., M.Sc, menyampaikan beberapa pesan kepada setiap Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar.

“Unizar telah melakukan berbagai perbaikan untuk menyempurnakan kualitas pendidikannya. Di Fakultas Teknik Sipil sedang berupaya untuk menjaga akreditasi dari B tetap menjadi Baik Sekali. Di Fakultas Ekonomi, saya berharap supaya bisa mengembangkan pasar modal. Galeri Investasi sudah tersedia di Unizar. Tolong dikembangkan, supaya yang menjadi pakar-pakar penanaman modal datang dari Unizar. Saya juga masih menagih kepada Dekan Hukum kapan memulai program magisternya. Mungkin pak Dekan masih konsentrasi menjaga status akreditasi tetap menjadi Baik Sekali,” ujar Dr. Nanang Samodra.

Beliau juga mengajak civitas akademika FMIPA Unizar untuk bekerjasama dengan Lembaga Pendampingan Sertifikasi Halal dan Lembaga Pemeriksa Halal yang sudah dibentuk di Unizar untuk membantu masyarakat agar bisa memperoleh layanan sertifikasi secara gratis. 

Tidak lupa Dr. Nanang mengapresiasi pembentukan Boarding School Personal Professional Development di FK Unizar. Ini adalah satu-satunya yang ada di wilayah Nusa Tenggara. Beliau pun mengungkapkan salah satu mimpinya agar suatu saat NTB terkenal dengan gaharunya. Memulai hal itu, beliau berharap pembiakannya bisa dikembangkan melalui Laboratorium Kultur Jaringan yang ada Fakultas Pertanian Unizar.

Sambutan berikutnya dari Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Bali dan Nusa Tenggara Barat, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., APEC.Eng. Dia juga mengungkapkan syukur bahwa proses wisuda Unizar pagi ini berjalan dengan lancar.

Baca juga: Lemkapi dukung pemecatan Umbaran sebagai anggota PWI
Baca juga: Pembelajaran kontekstual dan responsif siapkan SDM unggul


“Puji syukur wisuda Unizar pagi ini berjalan dengan lancar. Prosesi wisuda merupakan bagian dari kegiatan yang sakral di bidang akademik. Adek-adek yang hari ini senyum sumringah bahagia dan seluruh orang tua pun pasti bangga putra-putrinya diwisuda di kampus yang besar ini. Kita panjatkan puji syukur melihat adek-adek diwisuda hari ini dan semoga segala cita-cita bisa segera diraih,” ungkapnya.

Dia pun menyampaikan bahwa pihak LLDIKTI Wilayah VIII sangat bangga terhadap seluruh civitas akademika Unizar yang telah melaksanakan proses transformasi pendidikan yang berkelanjutan dan berdampak.

Momen upacara wisuda ini pun diwarnai dengan beberapa rangkaian acara menarik dan inspiratif. Ditampilkan pula pada acara tersebut, yakni Tari Mandalika dengan tema Legenda Putri Mandalika. Tari ini ditampilkan langsung oleh para mahasiswa-mahasiswi dari seluruh fakultas di Unizar. 

Acara yang tidak kalah pentingnya, yakni penyerahan beasiswa Unizar-Mandiri Academic Excellence Awards kepada enam wisudawan-wisudawati terbaik oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Unizar, dr. Velia Maya Samodra. Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Unizar dengan Bank Mandiri.

Dengan berakhirnya rangkaian prosesi wisuda ke-72 ini, segenap civitas akademika Unizar berharap untuk terus maju dan bersinergi dalam mencetak lulusan yang cerdas dan bermartabat demi mencapai visi Unizar yang berdaya saing di tingkat regional maupun nasional berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin.
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2023