Kemenkop UKM-Grab bersinergi duniakan UMKM NTB lewat MotoGP

id Kemenkop UKM,Grab Food,MotoGP Mandalika

Kemenkop UKM-Grab bersinergi duniakan UMKM NTB lewat MotoGP

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki (kanan), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (kiri), dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata (tengah), dalam pembukaan Festival Kuliner Mandalika, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022). ANTARA/HO-Kemenkop UKM

Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bersama Grab bersinergi menyelenggarakan Festival Kuliner Mandalika, sebagai upaya menduniakan produk UMKM Nusa Tenggara Barat lewat ajang MotoGP Mandalika.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (19/3) mengapresiasi Grab atas dukungannya di Festival Kuliner Mandalika dalam ajang MotoGP yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada 18-20 Maret 2022.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kita, masyarakat Indonesia, untuk menyelenggarakan pameran produk UMKM lokal unggulan dan Festival Kuliner Mandalika di acara bertaraf internasional di Sirkuit Mandalika," katanya.

Melalui festival tersebut, kata dia, pihaknya bersama Dinas Koperasi dan UMKM NTB serta Grab bisa memperkenalkan ke dunia internasional beragam produk unggulan, seperti merchandise, suvenir, healthy product, serta food and beverages, dari industri UMKM di NTB.

Teten menjelaskan festival tersebut bertujuan untuk meningkatkan visibilitas produk makanan dan minuman dari 45 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM NTB dan mitra merchant GrabFood di ajang dunia.

"Semoga kolaborasi bersama Grab ini dapat kembali menggerakkan roda perekonomian lokal untuk tumbuh dan kembali bangkit," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran Grab telah mendorong geliat ekonomi dan melahirkan wirausahawan baru di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di wilayah Indonesia Timur.

Hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2021 menemukan bahwa 30 persen dari merchant GrabFood di Kupang dan Jayapura, antara 2019-2021 merupakan usaha baru.

"Data tersebut memperlihatkan bahwa Grab telah membantu mencetak ratusan pengusaha UMKM baru di kedua kota tersebut," kata Teten.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan pihaknya merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Kemenkop dan UKM dalam membantu UMKM di NTB memperkenalkan kuliner khas ke pengunjung internasional yang hadir di Sirkuit Mandalika.

Grab percaya penuh pada potensi besar UMKM di NTB dalam meraih hati konsumen dunia.

"Kami ingin semakin meningkatkan akses pasar UMKM di NTB, dengan menggabungkan mereka ke dalam ekosistem teknologi Grab yang terhubung dengan konsumen luas," ujarnya.

Salah satu mitra merchant GrabFood yang bergabung dalam Festival Kuliner Mandalika, Pradipta Surya Tamada Hashimoto, pemilik usaha kuliner J Mie Pedesss Dahsyat, mengucapkan terima kasih kepada Kemenkop dan UKM serta Pemerintah Provinsi NTB dan Grab Indonesia yang telah memfasilitasi dalam Festival Kuliner Mandalika.

"Festival ini menjadi kesempatan besar bagi UKM lokal agar semakin dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga konsumen internasional," ucap Surya.