Prioritas produk laptop buatan dalam negeri

id Laptop dalam negeri

Prioritas produk laptop buatan dalam negeri

Advan (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) -  PT Bangga Teknologi Indonesia dengan nama dagang Advan mengakui Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) membuat produk laptop buatan dalam negeri menjadi prioritas. "Kami rasa cukup terasa dampak dari P3DN, di mana barang-barang lokal menjadi perhatian dan prioritas utama," kata Government Relation & Legal Advan,  Tria Muluk , di Jakarta, Kamis.

Tria mengatakan beberapa produk laptop Advan telah ikut dalam pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). "Beberapa produk sudah ikut dalam pengadaan di LKPP," tukas Tria. Tria berharap, industri komponen hulu untuk produk laptop juga dapat tumbuh di dalam negeri, sehingga industri komputer jinjing dapat semakin mudah memperoleh bahan baku.

Menurut data Pusat P3DN, Advan memiliki tipe laptop yang memenuhi nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di atas 25 persen. Tipe laptop tersebut yakni Advan Chromebook 116 dengan nilai TKDN 25,93 persen dan Advan 1401 dengan nilai TKDN 25,02 persen. PT Bangga Teknologi Indonesia juga terdata telah memiliki nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar 15 persen. Sehingga total kandungan lokalnya mencapai 40,02-40,93 persen.

Baca juga: KEMDIKNAS PERCAYAKAN SMKN MATARAM PRODUKSI 730 LAPTOP