Verstappen juarai GP Azerbaijan

id formula1,formula one,grand prix azerbaijan,max verstappen

Verstappen juarai GP Azerbaijan

Pebalap Red Bull Max Verstappen melintasi garis finis menjuarai Grand Prix Azerbaijan, Sirkuit Kota Baku, Baku, Azerbaijan, Minggu (12/6/2022). (ANTARA/REUTERS/HAMAD I MOHAMMED)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen memenangi balapan Formula 1 seri Grand Prix Azerbaijan, Minggu, demi memperlebar jaraknya dari Charles Leclerc yang gagal finis di Baku. Sergio Perez membantu Red Bull finis 1-2, meraih poin maksimal di Baku dengan satu poin tambahan untuk lap tercepat, setelah melintasi garis finis 20,823 detik berselang dari rekan satu timnya.

George Russell melengkapi podium setelah membawa Mercedes finis P3 untuk ketiga kalinya musim ini, sedangkan tandemnya, Lewis Hamilton menuai hasil positif di P4. Sementara itu Ferrari mendapati pukulan berat dalam perebutan gelar F1 ketika di Grand Prix Azerbaijan kedua pebalapnya; Charles Leclerc dan Carlos Sainz, gagal finis karena masalah teknis.

Bencana pertama bagi Ferrari terjadi di lap ke-9 ketika Sainz menghentikan mobilnya di tikungan 4 karena masalah hidrolik, menyebabkan DNF ketiga bagi sang pebalap Spanyol pada musim ini.

Insiden itu menyebabkan periode virtual safety car yang dimanfaatkan oleh Charles Leclerc untuk pitstop lebih awal untuk ban hard. Duet Red Bull memilih strategi pitstop lebih larut di lap ke-17 dan 19, yang membuat Leclerc mewarisi posisi pimpinan lomba.

Akan tetapi, ketika memimpin dengan keunggulan lebih dari 13 detik dari Verstappen, Leclerc mendapati kepulan asap di bagian belakang mobilnya dan harus menyudahi balapan di lap 20. Itu merupakan DNF kedua bagi sang pebalap Monako dalam tiga balapan terakhir.

Baca juga: Leclerc kalahkan Perez pada latihan GP Azerbaijan
Baca juga: Gasly terbuka opsi terkait perpanjangan kontrak Perez


Dengan kemenangan keempatnya musim ini, Verstappen masih memegang kendali puncak klasemen dengan koleksi 150 poin di saat Perez naik ke peringkat dua dengan margin 21 poin. Leclerc turun ke peringkat tiga dengan 116 poin, dibayangi oleh Russell dengan 99 poin dan Sainz di lima besar dengan 83 poin setelah delapan balapan.