Mekies akan tinggalkan Ferrari gantikan Tost pimpin AlphaTauri

id formula1,alphatauri,laurent mekies,franz tost

Mekies akan tinggalkan Ferrari gantikan Tost pimpin AlphaTauri

Pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda memacu kecepatan mobilnya saat tes pramusim F1 2023 di Bahrain International Circuit, Sakhir, Bahrain (23/2/2023). ANTARA FOTO/REUTERS/Hamad I Mohammed/aww.

Jakarta (ANTARA) - Laurent Mekies akan meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Olahraga Ferrari untuk menggantikan Franz Tost memimpin tim AlphaTauri pada akhir musim Formula 1 2023.
AlphaTauri, tim yang dimiliki oleh Red Bull, mengumumkan perubahan struktur organisasi pada Rabu (26/4) lewat laman resminya menjelang Grand Prix Azerbaijan di Baku akhir pekan ini dengan tujuan memastikan kelanjutan dan stabilitas jangka panjang tim tersebut.

Tost bergabung dengan tim yang bermarkas di Feanza, Italia itu sebagai kepala tim sejak kelahirannya pada 2005 dan membawa Toro Rosso (nama tim kala itu) meraih kemenangan pertamanya di GP Italia 2008.

Setelah berganti nama menjadi AlphaTauri, Tost kembali mempersembahkan kemenangan di Monza pada 2020, untuk kedua kalinya. Ia juga turut melahirkan generasi pebalap pemenang seperti Sebastian Vettel, Max Verstappen, Daniel Ricciardo, Pierre Gasly, dan Carlos Sainz.

"Atas kontribusi panjangnya terhadap tim dan para pebalap, Franz akan terus bekerja dengan Scuderia AlphaTauri dengan peran konsultasi pada 2024," kata tim tersebut. Peter Bayer yang pernah menjadi direktur eksekutif F1 dan sekretaris jenderal motorsport di FIA akan memiliki tugas baru sebagai Chief Executive Officer untuk mengawasi arah strategis dari AlphaTauri di fasilitas tim di Feanza dan Inggris.

"Dengan Peter sebagai CEO dan Laurent sebagai kepala tim, kami menemukan dua orang yang sangat profesional yang akan membawa tim ini ke tingkat selanjutnya. Saya ingin berterima kasih kepada semuanya atas kerjasama yang baik ini," kata Tost.

Kepergian Mekies menjadi bagian eksodus yang terjadi di Ferrari setelah tim Italia itu berganti kepala tim dengan menunjuk Fred Vasseur untuk menggantikan Mattia Binotto pada Januari. Kepala Konsep Kendaraan David Sanchez juga meninggalkan Maranello pada Maret dan bakal menjalani tugas baru di McLaren dengan peran sebagai teknisi senior pada Januari tahun depan.

Baca juga: Formula 1: Gesekan muncul dalam tim Red Bull?
Baca juga: Perez redam kebangkitan Verstappen menangi GP Arab Saudi


Sedangkan AlphaTauri belum menentukan kapan Mekies akan memulai tugasnya. "Saya tak sabar lagi dan merasa terhormat memegang peran kepala tim ini dan kembali ke tim di mana saya menghabiskan sebagian besar waktu awal karier saya," kata Mekies.

"Scuderia AlphaTauri memiliki semua yang diperlukan untuk kesuksesan yang luar biasa di masa depan dan tandem dengan Peter, saya tak sabar untuk mewujudkannya."