Hasil tes PCR 389 calon haji Mataram negatif

id tes,usap,PCR

Hasil tes PCR 389 calon haji Mataram negatif

Persiapan tes usap PCR COVID-19 jemaah calon haji asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Jumat (17/6-2022). (Foto: ANTARA/HO)

Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan hasil tes usap PCR COVID-19 terhadap 389 calon haji Kota Mataram dinyatakan negatif.

"Hasil koordinasi kami dengan Dinas Kesehatan disebutkan bahwa hasil tes PCR calon haji negatif. Alhamdulillah, dengan demikian semua jamaah pada kelompok terbang (kloter) utuh bisa diterbangkan ke Tanah Suci," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Muhammad Amin di Mataram, Sabtu.

Menurutnya, hasil tes PCR COVID-19 akan dibagikan besok Minggu(19/6) sebelum jamaah masuk Asrama Haji Embarkasi antara di Jalan Lingkar Selatan.

"Hasil negatif tes PCR ini menjadi salah satu syarat jamaah masuk asrama haji, dan berangkat ke Tanah Suci," katanya.

Sebelum masuk asrama, lanjutnya, jamaah akan dilepas langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana bersama jajaran terkait di halaman kantor wali kota pada Minggu (19/6) sekitar pukul 06.00 Wita.

Setelah pelepasan oleh wali kota, jamaah akan masuk bus yang telah disiapkan pemerintah kota sesuai dengan regu masing-masing kemudian di kawal oleh aparat kepolisian bersama jajaran Dinas Perhubungan Kota Mataram menuju asrama haji.

"Jamaah kloter utuh akan berada di asrama haji satu kali 24 jam, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah," katanya.

Sesuai jadwal, tambahnya, jamaah kloter utuh yang didampingi empat orang petugas kloter tersebut akan diterbangkan ke Bandara King Abdulaziz Jeddah dengan menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan GA 5101 pada Senin (20/6) pukul 08.55 Wita.

"Jamaah calon haji Embarkasi Lombok secara nasional masuk pemberangkatan gelombang kedua, sehingga langsung menuju Mekkah. Setelah melaksanakan rukun haji, barulah jamaah ke Madinah sebelum pulang ke Tanah Air," katanya.

Dikatakan, total kuota jamaah calon haji Kota Mataram musim haji 2022 sebanyak 394 orang diberangkatkan dalam dua kloter yakni satu kloter utuh dan satu kloter campuran.

Jumlah calon haji Kota Mataram di kloter campuran ini hanya 5 orang. Mereka akan diberangkatkan dengan dengan jamaah dari kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

"Lima calon haji kita yang ada di kloter campuran masuk asrama pada tanggal 24 Juni 2022, dan berangkat ke Mekkah tanggal 25 Juni 2022," katanya.