OJK-Disperin NTB bersinergi siapkan SDM industri 4.0

id Disperin NTB,OJK NTB,Industri 4.0

OJK-Disperin NTB bersinergi siapkan SDM industri 4.0

Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perindustrian (Disperin) Nusa Tenggara Barat bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan yang berkaitan dengan literasi keuangan dan pemasaran dalam industri 4.0.

Kepala Disperin NTB, Nuryanti, di Mataram, Rabu, mengatakan pemuda-pemuda perlu mengambil peran menjadi SDM dalam pengelolaan industri 4.0 termasuk mengoptimalkan bonus demografi beberapa tahun ke depan.

Ia menambahkan pemuda sebagai agen perubahan tentunya memiliki ide kreatif dan semangat yang harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing memasuki revolusi industri 4.0.

"Kalaupun SDM ini nantinya bukan pelaku dalam hal industri kecil menengah (IKM), mereka bisa kita berdayakan menjadi jembatan bagi IKM untuk mengakses pasar yang lebih luas," kata Nuryanti, dalam pertemuan dengan jajaran OJK NTB.

Menurut dia, pemuda memiliki karakteristik yang kreatif dan inovatif harus dikembangkan dengan baik. Oleh sebab itu, pihaknya siap memberikan wadah untuk membina masyarakat dalam hal industrialisasi 4.0.

Sementara itu, Kepala OJK NTB Rico Rinaldy mengatakan pihaknya mendukung Disperin NTB dalam upaya mengedukasi generasi SDM sektor industri sehingga memiliki pemahaman kuat dalam hal literasi keuangan yang bisa disosialisasikan lagi kepada masyarakat luas.

"Kami sangat mendukung kegiatan positif yang memiliki makna memberdayakan masyarakat," ucapnya. 

Ia mengatakan pemuda selaku SDM tersebut nantinya bisa dilibatkan dalam hal industrialisasi seperti pendataan IKM dalam Sistem Informasi Manajemen Industri (Simanis) yang terjun langsung dan mengedukasi IKM terkait permodalan dan pemasaran.