Pemkot: Sembilan kafilah Mataram menjadi duta NTB di MTQ Nasional 2022

id mtq,mataram,nasional

Pemkot: Sembilan kafilah Mataram menjadi duta NTB di MTQ Nasional 2022

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Fathoni Asfriandi. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram menyebutkan sembilan kafilah daerah itu berhasil menjadi duta Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan pada Oktober 2022.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mataram Fathoni Asfriandi di Mataram, Kamis, mengatakan sembilan kafilah tersebut akan mengikuti empat cabang lomba.

"Pertama cabang Fahmil Quran (cerdas cermat) putra/putri, tafsir bahasa Inggris dan bahasa Indonesia putra/putri, dan cabang khat atau kaligrafi putra," sebutnya.

Menurutnya, sembilan kafilah tersebut berhasil menjadi duta Provinsi NTB ke MTQ tingkat nasional karena mereka menjadi juara I pada MTQ tingkat NTB yang dilaksanakan di Masbagik, Kabupaten Lombok Timur.

"Saat ini kesembilan kafilah Kota Mataram itu sedang mengikuti berbagai latihan dan bimbingan dari LPTQ Provinsi NTB," katanya.

Dalam hal ini, lanjutnya, Pemerintah Kota Mataram memberikan dukungan dalam bentuk penyelesaian administrasi termasuk vaksinasi COVID-19 untuk persiapan keberangkatan mereka.

"Sedangkan untuk bimbingan dan lainnya sudah menjadi ranah Pemerintah Provinsi NTB. Harapan kita, kafilah Kota Mataram bisa memberikan yang terbaik saat pelaksanaan," katanya.

Menyinggung tentang bonus untuk para kafilah berprestasi di MTQ Nasional, Fathoni belum dapat memberikan jawaban sebab pemberian bonus sifatnya kebijakan.

"Selain mereka dapat dari provinsi, mungkin ada juga dari pemerintah kota. Tapi itu sifatnya kebijakan," ujarnya.