DIKPORA NTB PERSIAPKAN SISWA SLB IKUTI FLS2N

id

     Mataram, 4/6 (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat mempersiapkan para siswa sekolah luar biasa jenjang SD dan SMP untuk mengikuti Festival Seni Siswa Nasional yang digelar di Mataram pada 17-23 Juni 2012.

    

     Kepala Seksi Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Dinas Dikpora Provinsi NTB Armansyah, di Mataram, Senin, mengatakan para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) yang akan menjadi peserta Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional akan diseleksi pada FLS2N tingkat Provinsi NTB yang akan digelar di gedung asrama haji pada 11-13 Juni 2012.

     "Melalui seleksi itu, akan dipilih enam siswa SDLB dan enam siswa SMPLB yang akan mewakili NTB pada FLS2N tingkat nasional bersama dengan siswa SD/M1 dan SMP/MTS umum," katanya.

     Setelah lolos seleksi, kata dia, pihaknya kemudian akan memberikan pembinaan lanjutan agar para siswa berkebutuhan khusus tersebut siap bersaing dengan siswa SLB dari 33 provinsi di Indonesia.

     Pembinaan dilakukan oleh para dewan juri yang berasal dari budayawan dan seniman dari NTB. Para dewan juri tersebut juga bisa dibantu oleh pihak sekolah untuk melakukan pembinaan.

     Siswa SLB yang akan mengikuti FLS2N adalah mereka yang termasuk tuna rungu, tuna grahita, tuna netra dan tuna daksa.

     Armansyah mengatakan, berbagai mata lomba seni yang akan dipertandingkan dalam FLS2N 2012, seperti tarian, tata rias, bernyanyi solo, pantonim, desain grafis dan melukis.

     Para pelajar NTB diharapkan bisa memberikan prestasi terbaiknya sehingga bisa mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

     "Khusus untuk siswa SLB, ada yang berprestasi di tingkat nasional, yakni Eptina siswa SLB Pembina Kabupaten Lombok Barat. Dia juara satu lomba puisi dan menyanyi pada FLS2N 2010," katanya.

     Kegiatan FLS2N rencannya akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang akan datang bersama sejumlah Direktur Jenderal (Dirjen) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

     Even nasional itu akan dihadiri oleh 4.180 orang yang terdiri dari 1.842 peserta, 818 pembina, 370 panitia pusat dan daerah, dan undangan serta panitia pelaksana atau sekretariat sebanyak 150 orang.

     Seluruh peserta berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Mereka akan menginap di hotel bintang yang ada di Kota Mataram dan di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

     Pemerintah Provinsi NTB selaku tuan rumah penyelenggara akan berupaya keras menjadi tuan rumah yang baik. Sebab, baik-buruknya pelaksanaan FLS2N berimplikasi pada citra NTB.

     Kepada seluruh komponen masyarakat NTB diimbau ikut berperasn serta menyukseskan even nasional tersebut dengan menjaga kondusifitas daerah. (*)