Pemkot mataram surati kemenko kesra terkait blsm

id dana,blsm

Pemkot mataram surati kemenko kesra terkait blsm

Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM)

Dalam waktu dekat kami akan menyurati Kemenko Kesra sekaligus melampirkan data rumah tangga miskin di Kota Mataram
Mataram (Antara)- Pemerintah Kota Mataram akan melayangkan surat ke Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat terkait sasaran penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang tidak melibatkan pemerintah daerah.

"Dalam waktu dekat kami akan menyurati Kemenko Kesra sekaligus melampirkan data rumah tangga miskin di Kota Mataram," kata Sekretaris Daerah Kota Mataram Ir HL Makmur Said saat memimpin rapat koordinasi (rakor) evaluasi BLSM di Mataram, Senin.

Rakor yang melibatkan camat, lurah dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) se-Kota Mataram itu bertujuan mengevaluasi penerima BLSM karena banyak yang tidak tepat sasaran.

"Karena pemerintah daerah tidak dilibatkan dalam penentuan penerima BLSM, banyak yang tidak tepat sasaran," ujarnya.

Ia mengatakan, semua data kemiskinan di Kota Mataram, di antaranya data raskin, penerima Jamkesmas, Jamkesda serta data dari tim koordinasi penanggulangan kemiskikan (TPKP) akan kita kirim," katanya.

"Tujuannya agar dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan pemerintah pusat setiap meluncurkan program kesejahteraan sosial," ujarnya.

Ia juga berharap dengan upaya ini ke depan sasaran berbagai program peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa lebih tepat sasaran sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang yang mendampingi Sekda menambahkan, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pencairan BLSM pekan lalu, Pemkot Mataram menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

"Selain itu menjelaskan kepada masyarakat bahwa penentuan sasaran penerima BLSM tidak ada intervesi pemerintah daerah, semua ditentukan pusat," katanya.

Ia menyukuri sejauh ini pencairan BLSM di Kota Mataram relatif aman dan lancar jika dibanding daerah-daerah lain di Tanah Air.