Puluhan sekolah di mataram ikut lomba tadarus

id tadarusan,pemkot

Puluhan sekolah di mataram ikut lomba tadarus

Lomba tadarusan pelajar (foto (Humas Mataram))

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dalam memahami makna dan mengimplementasikannya dalam kehidupan serta meningkatkan iman dan taqwa generasi muda agar memiliki akhlaqul karimah
Mataram, (Antara) - Sebanyak 81 sekolah dari tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti lomba Tadarrus Al Quran tingkat pelajar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Mataram.

Lomba tadarus Al Quran tingkat pelajar itu dibuka oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, Senin (15/7) malam, akan berlangsung hingga 3 Agustus 2013 di Musholla Siti Aisyah Kantor Walikota Mataram.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H Ruslan Effendy, mengatakan, lomba tadarrus Al Quran bertujuan meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membaca Al Quran dengan tajwid dan tartil.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dalam memahami makna dan mengimplementasikannya dalam kehidupan serta meningkatkan iman dan taqwa generasi muda agar memiliki akhlaqul karimah," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan lomba tadarrus Al Quran tahun ini diikuti oleh 81 regu dari 81 sekolah se-Kota Mataram.

setiap regu, katanya, terdiri dari lima orang pelajar dan satu orang guru pembimbing agama yang juga ikut berlomba.

"Kami melibatkan dewan Juri selain dari Dinas Dikpora sendiri, juga beranggotakan dari Kementerian Agama Provinsi NTB, LPTQ, Pemkot Mataram dan Guru Agama Islam," katanya.

Sementara dalam sambutannya, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengharapkan acara tersebut menjadi acara yang terus dilestarikan setiap tahunnya, semakin semarak dan terutama mutunya juga semakin meningkat.

Dikatakannya, menyambut Ramadhan dengan membaca Al Quran merupakan tradisi yang selalu dijalankan oleh Rasulullah, selain itu dengan ini kita harapkan dapat membentuk generasi yang Qurani, selain juga dalam rangka mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional

"Kegiatan ini juga seklaigus untuk mencari bibit-bibit qori qoriah dari kalangan pelajar," katanya.