Wakapolda NTT perintahkan tingkatkan patroli

id Polda NTT,jumat curhat,masyarakat kota kupang,patroli polisi ditingkatkan

Wakapolda NTT perintahkan tingkatkan patroli

Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto berpose dengan warga usai mengelar Jumat Curhat bersama warga Kupang, Jumat (17/2/2023). ANTARA/Ho-Humas Polda NTT

Kupang (ANTARA) - Wakil Kepala Polda Nusa Tenggara Timur Brigjen Pol Heri Sulistianto memerintahkan anggotanya untuk meningkatkan patroli serta pengawasan di sejumlah lokasi seperti pasar, usai adanya keluhan dari masyarakat soal keamanan. "Anggota kami akan melakukan patroli secara terjadwal sehingga meminimalisir segala gangguan kamtibmas dan setiap ada aktivitas warga, kita (Polri) wajib hadir," katanya di Kupang, Jumat.

Hal ini disampaikannya di sela-sela "Kegiatan Jumat Curhat" yang berlangsung di pantai Warna Oesapa, Kota Kupang dengan sejumlah masyarakat di kelurahan Oesapa itu. Dia mengatakan bahwa harapan masyarakat sudah pasti akan ditindaklanjuti dan hal itu sudah menjadi protap dari Polri, yang mana dimanapun ada kegIatan masyarakat anggota Polri wajib ada di lokasi. "Patroli juga akan dilakukan secara berkala di tempat-tempat rawan terjadinya gangguan kamtibmas," ujar dia.

Oleh karena itu selain sudah menjadi bagian dari pihak keamanan untuk menjaga keamanan, dia juga meminta agar masyarakat juga turut membantu menjaga keamanan sekitar sehingga situasi kamtibmas yang aman dan damai tetap terjaga.

Sebelumnya dalam kegiatan rutin Polda NTT yang dinamakan Jumat Curhat itu sejumlah masyarakat mengeluhkan beberapa permasalahan yang terjadi di Kelurahan Oesapa, khususnya di pasar.

Hal yang sering dialami masyarakat yakni permasalahan pungli dan premanisme yang sering terjadi di sekitar pasar. Karena itu warga meminta agar aparat kepolisian meningkatnya patroli sehingga aksi premanisme dan pungli bisa berakhir.

Selain itu juga mereka mengeluhkan adanya masalah pencurian yang sangat meresahkan masyarakat di kawasan tersebut. "Sering terjadi keributan yang diakibatkan oleh minuman keras dan masalah ketertiban lalu lintas serta kegiatan live music sampai lewat batas jam pada saat malam Sabtu dan malam Minggu," ujar Ina seorang ibu di kelurahan tersebut.

Lebih lanjut dia juga memerintahkan Kapolsek Kelapa Lima agar terus melakukan patroli setiap jam-jam rawan. Selain itu kepada para Bhabinkamtibmas untuk setiap hari menyambangi masyarakat guna mendengar keluhan apa yang ingin disampaikan oleh warga dan membagikan nomor handphone kepada masyarakat jikalau masyarakat memerlukan segera melakukan tindakan.

Baca juga: Satbrimob Polda NTB-TNI memperkuat sinergi hadapi bencana
Baca juga: Polda NTB tetapkan 19 tersangka dalam 13 kasus perjudian


Dalam kesempatan tersebut orang nomor dua di Polda NTT itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada Polda NTT jika ada anggota Polri yang melakukan aksi-aksi yang menyakitkan hati masyarakat.

"Itu namanya oknum, tidak usah takut kalau menemukan hal seperti itu segera melaporkan kepada pihak berwajib seperti kepada Kapolsek, ini sudah warning dari pimpinan Polri dan sudah komitmen tidak ada yang menyusahkan masyarakat seperti itu, jadi saya tegaskan kedepannya tidak terjadi lagi, kalaupun ada begitu segera laporkan kepada saya," tambah dia.