DKI Jakarta buat tim khusus melakukan evakuasi di tempat khusus

id DKI Jakarta,Kebakaran Jakarta ,Gulkarmat DKI

DKI Jakarta buat tim khusus melakukan evakuasi di tempat khusus

Kepala Dinas Gukamart DKI Jakarta, Satriadi Gunawan saat ditemui di kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (26/2/2023) .ANTARA/Walda

Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta tahun ini membentuk tim untuk melakukan evakuasi warga di tempat khusus. "Ada lima tim khusus yang rencananya dibentuk. Ini khusus untuk melakukan evakuasi," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan saat ditemui di kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu.

Lima tim khusus itu dibentuk agar petugas pemadam kebakaran di DKI Jakarta bisa melakukan evakuasi korban di segala medan. Lima tim itu diantara tim khusus penyelamatan air, tim khusus penyelamatan di bangunan tinggi, tim khusus di bangunan runtuh, kemudian tim khusus penyelamatan di wilayah bahan kimia dan tim khusus penyelamatan di tempat tertentu.

Lima tim khusus itu dibentuk Dinas Gulkarmat DKI lantaran Jakarta dianggap sebagai wilayah yang memiliki karakteristik evakuasi bencana lebih beragam. Nantinya, pihaknya akan mengikutsertakan beberapa anggota dari seluruh petugas Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat).

Setelah pelatihan, pada anggota dikelompokkan dalam beberapa tim khusus evakuasi yang telah ditetapkan. Tim khusus tersebut juga dibekali dengan peralatan yang mumpuni untuk melakukan proses evakuasi.

Dengan pembentukan tim khusus tersebut, Satriadi berharap proses evakuasi yang dilakukan petugas Dinas Gulkarmat DKI bisa lebih maksimal. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal mengatakan, pihaknya juga tengah mengupayakan pembentukan tim penyelamat khusus di Dinas Pemadam Kebakaran seluruh provinsi.

Baca juga: BPBD Lebak imbau pengendara waspada jalan ambles
Baca juga: BPBD menyarankan Disdik lakukan penanganan fisik sekolah cegah genangan


Dari semua provinsi yang ada, DKI Jakarta menjadi wilayah yang paling memungkinkan untuk membentuk tim khusus tersebut. "Yang paling berpeluang tentu DKI Jakarta karena total jumlah anggota dan fasilitas paling besar di jenis ancaman dan kecelakaan juga paling besar," kata dia.