Hasil FP 1 WSBK Mandalika 2023: dominasi Toprak dipatahkan Rinaldi

id Hasil WSBK Mandalika 2023,Hasil FP 1 WSBK Mandalika 2023,Free Practise,WSBK 2023,Toprak,Rinaldi,Sirkuit Mandalika

Hasil FP 1 WSBK Mandalika 2023: dominasi Toprak dipatahkan Rinaldi

Ilustrasi - Tim WorldSBK berjalan di lintasan saat sesi resmi pengecekan atau pengenalan lintasan World Superbike di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/3/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/hp.

Lombok Tengah (ANTARA) - Dominasi kuat dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) dipatahkan oleh Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati) pada sesi free practice pertama (FP 1) World Superbike (WSBK) 2023 yang diadakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Raihan posisi puncak Rinaldi pun bisa dibilang cukup dramatis dan heroik, mengingat ia sempat mengalami crash di tikungan 10 dan langsung bangkit kembali dengan 10 menit yang tersisa dari FP 1.

Hal tersebut -- yang terjadi kurang dari lima menit sejak terjatuh, membuat Toprak yang sempat memimpin balapan menurunkan kecepatannya dan lengah dengan aksi Rinaldi. Pebalap Italia itu mencatatkan waktu 1’34.613, sementara Toprak hanya terpaut +0.056 detik saja.

Juara WSBK 2022 Alvaro Bautista (Aruba.it Ducati) menyusul di belakang pebalap Turki tersebut dengan selisih waktu +0.170 detik dari rekan satu timnya.

Lebih lanjut, pesaing kuat lainnya yakni Jonathan Rea (Kawasaki Racing) finis di posisi keempat dengan waktu terpaut tipis dari Bautista. Ia tertinggal +0.188 detik dari Rinaldi. Rea berada di depan Xavi Vierge (Team HRC) di posisi kelima.

Selanjutnya, ada Remy Gardner (Tim GYTR GRT Yamaha). Ia berada di depan kontender kuat lainnya yakni Andrea Locatelli (Pata Yamaha), Alex Lowes (Kawasaki Racing), Philipp Oettl (Team GoEleven) dan Michael van der Mark (Tim ROKiT BMW Motorrad). Mereka berada di dalam 10 besar FP 1 WSBK Mandalika 2023.

Selain Rinaldi, crash juga terjadi pada Loris Baz (Bonovo Action BMW). Baz menjadi yang pertama untuk jatuh di tikungan 10 -- sama seperti sang pebalap Ducati.

Selain itu, Iker Lecuona (Team HRC) jatuh di tikungan 16, dan hal tersebut membuatnya tidak mencatatkan waktu lap karena ia tidak kembali ke lintasan.

Ada juga kecelakaan besar untuk Lorenzo Baldassarri (GMT94 Yamaha) di tikungan 6 dan membuat kulitnya lecet parah.