Sebanyak 10 perusahaan Malaysia kaji berinvestasi di IKN

id 10 investor, IKN,Malaysia

Sebanyak 10 perusahaan Malaysia kaji berinvestasi di IKN

Tangkapan layar PM Malaysia Anwar Ibrahim memberikan jawaban pada anggota parlemen di Gedung Dewan Rakyat, Kuala Lumpur, Selasa (7/3/2023). (ANTARA/Virna P Setyorini)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Ada 10 perusahaan besar dari Malaysia yang saat ini sedang mengkaji untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, kata Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. “Dan Presiden Jokowi (Joko Widodo) telah sampaikan bahwa Malaysia lebih ke depan di ASEAN dan aktif dalam melakukan kerja sama ini,” ujar dia.

Ia mengatakan bagi Malaysia sinergi dengan Indonesia akan memberi keuntungan bagi dua negara. Menurut dia, dalam perundingan dengan Pemerintah Indonesia baru-baru ini, beberapa perusahanan lain juga terlibat, termasuk Tenaga Nasional Berhad (TNB), Telkom Malaysia Berhard (Telekom). Sekurang-kurangnya 10 perusahaan.

Tetapi, Anwar mengatakan karena Sarawak lebih dekat dengan IKN dan berada di depan, sehingga akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Sarawak agar lebih menguntungkan. Hal itu, menurut dia, juga sudah disampaikan kepada Premier Sarawak Datuk Patinggi Abang Johari Tun Openg.

Baca juga: Perencanaan wilayah di sekitar IKN penting diperhatikan
Baca juga: Topografi tanah tak datar jadi tantangan pembangunan IKN


Selain itu, menurut dia, pemerintah pada saat yang sama meneliti kemungkinan menjalin kerja sama melibatkan universitas, golongan muda, badan Islam, pemerintah negeri dan badan bukan pemerintah di area yang terlibat.