POBSI Sumut andalkan atlet lokal di PON 2024 Sumut-Aceh

id POBSI, pon,biliar,sumatera utara

POBSI Sumut andalkan atlet lokal di PON 2024 Sumut-Aceh

Pemain biliar (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumatera Utara akan mengandalkan atlet-atlet lokal hasil pembinaan intensif yang dilakukan induk organisasi olahraga itu untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Sekretaris Umum POBSI Sumut Halomoan Samosir di Medan, Jumat, mengatakan Sumatera Utara memiliki banyak talenta muda yang terus tumbuh seiring dengan semakin banyaknya kejuaraan yang digelar POBSI Sumut maupun pengurus cabang.

"Atlet potensial terus tumbuh, bukan hanya dari Kota Medan namun juga dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Jadi tidak ada alasan bagi kami memakai atlet dari provinsi lain untuk membela Sumut di PON nanti. Kami punya atlet sendiri yang muncul dari pembinaan yang dilakukan selama ini," katanya.

Saat ini, lanjut dia, ada 16 atlet putra dan putri yang tengah menjalani pemusatan latihan di Puslit POBSI Sumut melalui program jangka panjang KONI Sumut untuk menghadapi PON XXI/2024 Sumut-Aceh. Mereka semua terpilih setelah melewati sejumlah seleksi dan memenuhi berbagai persyaratan.

16 atlet tersebut adalah Marlando Sihombing, Jaka Kurniawan, Hotmaruli Simarmata, Johny Chandra, Jefri Jen, Punguan Hasiholah Sihombing, Diko Fito Perdana, Iqbal Wahyu Ramadhan, M. Erwin Effendi, Dimas Anggara Dharma, Maulana Fikri, Johannes Christian Raja Saragih, dan Johannes Sihombing. Kemudian Alisya Naifa Fadillah Nasution dan Permata Sari Sinaga yang merupakan atlet wanita.

Baca juga: Sumbar Rubber Powered Aeromodelling mencari bibit atlet untuk PON 2024
Baca juga: Empat provinsi DOB Papua langsung jadi peserta PON 2024


Selama menjalani pelatda jangka panjang, para atlet dibimbing empat pelatih yakni Resa Mahmudsyah Rangkuti, M.Kiki, M.Fadly, dan Jam Hendra Depari. Selain itu, para atlet juga telah menjalani tes kesehatan dan tes fisik yang dilakukan KONI Sumut. Kemampuan mereka, baik stamina, maupun teknik juga terus menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

"Dengan kemampuan yang mereka miliki, perpaduan atlet senior dan junior, kami optimistis para atlet binaan bisa menunjukkan prestasinya di PON sekaligus membuktikan bahwa Sumatera Utara juga layak diperhitungkan di kancah nasional," katanya.