Empat provinsi DOB Papua langsung jadi peserta PON 2024

id KONI Papua, Papua, KONI, 4 DOB

Empat provinsi DOB Papua langsung jadi peserta PON 2024

Foto bersama usai Rapat bersama yang digelar di ruang rapat Utama di Kantor Kemendagri tersebut Selasa, (14/2). (ANTARA/ HO - Humas KONI Papua)

Jayapura (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengatakan empat provinsi di Daerah Otonom Baru (DOB) Papua yaitu Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, dan Papua Tengah akan langsung menjadi peserta dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).
 
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan kebijakan tersebut didasarkan pada arahan langsung Presiden Joko Widodo yang meminta agar provinsi baru hasil pemekaran dari Papua dapat diikutsertakan pada ajang PON mendatang.
 
”Merujuk pada regulasi tentang Daerah Otonom Baru (DOB) yang kini memiliki 38 provinsi dan ditetapkan sebagai peserta pada ajang olahraga tersebut, maka diberikan hak istimewa untuk keikutsertaan langsung bagi empat provinsi pemekaran menjadi peserta PON 2024," katanya.
 
Marciano pun berharap Penjabat Gubernur di masing-masing DOB bisa menjadi Ketum KONI Provinsi Persiapan. "Walaupun untuk sementara ini, sementara pengurus provinsi (pengprov) cabang olahraga dapat tetap menginduk ke KONI Papua," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya berharap dengan terbentuknya KONI di masing-masing DOB maka seluruh provinsi dapat memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada untuk pembinaan atlet dan olahraga. “Esensi olahraga adalah pembentukan karakter dan menjalin persatuan dan kesatuan. Apa yang menjadi instruksi Presiden kami siap membantu pembentukan pengprov cabor di DOB," katanya.

Baca juga: PCI targetkan kriket Indonesia raih tiga emas SEA Games 2023
Baca juga: KONI Ambon gagas ide cabang olahraga didanai Swasta dan BUMN
 
Menurut Kenius, kesiapan atlet akan dikoordinasikan antara KONI Pusat dengan KONI Papua khususnya terkait regulasi. "Secara prinsip kami mendukung semua kebijakan dari Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Sebelumnya, dilakukan rapat bersama yang dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo serta Penjabat Gubernur pada empat DOB Papua serta Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya di ruang rapat Utama di Kantor Kemendagri tersebut Selasa, (14/2).