DLH Mataram menyiapkan satgas kebersihan tangani sampah Lebaran Topat

id Lebaran topat di Mataram,Lebaran Topat,Sampah Lebaran Topat,DLH Mataram,Sampah,Topat

DLH Mataram menyiapkan satgas kebersihan tangani sampah Lebaran Topat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan satgas khusus untuk penanganan sampah pada dua lokasi perayaan tradisi Lebaran Topat yang akan digelar pada Sabtu (29/4) di kota itu.

"Untuk satgas kita siapkan 24 orang, sedangkan petugas penyapu sebanyak 100 orang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi kesiapan petugas kebersihan menangani sampah sisa aktivitas masyarakat yang merayakan Lebaran Topat yang dipusatkan di dua lokasi yakni di Makam Loang Baloq Sekarbela dan Makam Bintaro Ampenan.

Menurutnya, untuk mengoptimalkan penanganan sampah di dua lokasi tersebut satgas dan penyapu akan dibagi sesuai wilayah masing-masing. Karenanya, 40 penyapu fokus menangani kawasan Loang Baloq, dan 60 penyapu bertanggung jawab terhadap penanganan sampah di kawasan Bintaro Ampenan.

"Sementara 24 satgas kami akan melakukan patroli, sekaligus mengawasi proses penanganan sampah di dua lokasi tersebut. Target kita, setelah acara selesai, kawasan itu juga kembali bersih," katanya.

Lebih jauh Kemal memprediksi dari pengalaman tahun sebelumnya volume sampah saat Lebaran Topat di dua lokasi itu sekitar 5 ton.

Hanya saja, antisipasi tetap dilakukan karena tahun ini diperkirakan ada lonjakan pengunjung karena tidak adanya pembatasan pengunjung saat Lebaran Topat.