Bakal caleg DPRD Lombok Tengah Pemilu 2024 bebas narkoba

id Bakal caleg di Lombok Tengah,Caleg Lombok Tengah,Caleg,Caleg bebas narkoba,Narkoba Lombok Tengah,RSUD Praya,KPU Lombok Tengah

Bakal caleg DPRD Lombok Tengah Pemilu 2024 bebas narkoba

Direktur RSUD Praya, Lombok Tengah, NTB, Dokter Mamang Bagiansah. (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya menyatakan hasil pemeriksaan tes urine terhadap bakal calon legislatif (caleg) DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Pemilu 2024 tidak ada yang ditemukan positif narkoba.

"Hasil pemeriksaan, semua bakal caleg untuk Pemilu 2024 di Lombok Tengah bebas narkoba atau negatif,'' kata Direktur RSUD Praya, Dokter Mamang Bagiansah usai senam pagi di halaman kantor Bupati Lombok Tengah, Jumat.

Selain bebas narkoba, hasil pemeriksaan kesehatan bakal caleg untuk Pemilu 2024 sehat semua, meskipun ada beberapa bakal caleg yang memiliki riwayat kencing manis.

"Saat dilakukan pemeriksaan mereka dalam keadaan sehat," katanya.

Dari data hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, jumlah bakal calon legislatif DPRD Lombok Tengah yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Praya mencapai 700 orang lebih dari 18 partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2024.

"Lebih dari 700 orang yang melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut telah diserahkan kepada masing-masing bakal caleg, karena itu menjadi syarat administrasi pendaftaran bakal caleg untuk Pemilu 2024.

"Hasilnya sudah diberikan kepada masing-masing caleg," katanya.

Ketua KPU Lombok Tengah, Lalu Darmawan mengatakan pendaftaran 18 Parpol yang menjadi peserta Pemilu 2024 telah dinyatakan lengkap dan diterima.

"Saat ini tahapan verifikasi syarat administrasi bakal caleg yang diajukan parpol," katanya.

Kuota calon legislatif anggota DPRD Lombok Tengah pada Pemilihan Umum 2024 mencapai 900 orang dari 18 partai politik (parpol).

"Satu parpol bisa mengajukan 50 caleg, sehingga untuk 18 Parpol ini jumlah caleg itu mencapai 900 orang," katanya.

Ia mengatakan, 900 caleg tersebut tersebar di enam daerah pemilihan yakni Dapil I Praya-Praya Tengah, Dapil II Kopang-Janapria, Dapil 3 Pujut -Praya Timur, Dapil IV Praya Barat -Praya Barat Daya, Dapil V Jonggat -Pringgarata dan Dapil VI Kecamatan Batukliang-Batukliang Utara.

Sedangkan jumlah kursi yang diperebutkan mencapai 50 kursi atau masih sama seperti jumlah kursi pada pemilu sebelumnya.

"Jumlah dapil DPRD di Lombok Tengah sebanyak enam dapil dengan jumlah kursi mencapai 50 kursi," katanya.*