Aksi bersih sampah plastik digelar Bhayangkari Polres Kupang

id NTT,pantai sulamanda,obyek wisata,Sampah plastik, Bayangkari dan polisi bersih pantai di NTT

Aksi bersih sampah plastik digelar Bhayangkari Polres Kupang

Anggota Bhayangkari Polres Kupang Polda Nusa Tenggara Timur melaksanakan kegiatan bersih sampah plastik di kawasan wisata Pantai Sulamanda di Kabupaten Kupang, Senin. (ANTARA/Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Para anggota Bhayangkari dan Polres Kupang Polda Nusa Tenggara Timur ikut menjaga lingkungan hidup dengan menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik di kawasan pantai wisata Sulamanda di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

"Kegiatan sosial yang dikemas dalam Bhayangkari Peduli ini dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota Polres Kupang dan Polsek Kupang Tengah serta masyarakat Desa Mata Air. Kegiatan ini dilakukan agar kawasan wisata Sulamanda yang sangat indah ini tetap indah dan bebas dari sampah," kata Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata di lokasi wisata Sulamanda, Senin.

Ia mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah di pantai wisata Sulamanda ini untuk mendukung program dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membebaskan bumi dari polusi sampah plastik yang mengusung tema Beat Plastic Pollution.

Kegiatan pembersihan sampah-sampah plastik yang berserakan di Pantai Sulamanda juga dilakukan dalam rangka perayaan HUT ke-77 Bhayangkara. Kapolres Anak Agung Gde Anom Wirata menjelaskan kegiatan itu merupakan bentuk peran positif Bhayangkari Cabang Kupang dalam menyikapi keseimbangan ekologi yang  mulai terganggu karena tingginya produksi sampah plastik.

"Bhayangkari Peduli merupakan kegiatan positif dalam mendukung program dunia mengalahkan polusi plastik untuk NTT yang lebih bersih, sehat dan lestari, " kata Kapolres Kupang.

Setelah kegiatan pembersihan sampah dilakukan kawasan wisata Pantai Sulamanda terlihat bersih karena berbagai jenis sampah plastik maupun ranting dan daun.  Tak hanya membersihkan sampah, para anggota Polres Kupang juga melakukan pembersihan rumput-rumput yang tumbuh liar di sekitar pintu masuk Pantai Sulamanda sehingga terlihat rapi dan bersih.

Kepala Desa Mata Air Eli Luluporo menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Kupang dan jajaran yang sudah berinisiatif membersihkan Pantai Sulamanda sebagai salah satu destinasi wisata di Kecamatan Kupang Tengah.

Baca juga: UMKM wanita Lombok Tengah produksi tenun dari sampah plastik
Baca juga: Polusi plastik ancaman bagi lingkungan


"Kami mewakili warga masyarakat Desa Mata Air dan Kecamatan Kupang Tengah mengucapkan terimakasih atas inisiasi Kapolres Kupang dan Bhayangkari Polres Kupang yang telah melakukan bhakti sosial membersihkan Pantai Sulamanda," kata Eli Luluporo.