NTB melepas 22 peserta program magang ke Jepang

id magang ke jepang,program magang,penempatan pekerja,Magang NTB,Disnakertrans NTB,NTB

NTB melepas 22 peserta program magang ke Jepang

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melepas 22 orang peserta program magang yang berasal dari tujuh kabupaten dan kota ke Jepang.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi di Kota Mataram, Senin, peserta program magang ke Jepang meliputi dua orang dari Mataram, tujuh orang asal Lombok Tengah, masing-masing lima orang dari Lombok Timur dan Lombok Utara, serta masing-masing satu orang dari Sumbawa Barat, Dompu, dan Lombok Barat.

Aryadi mengimbau peserta program magang untuk meneladani alumni program yang sukses setelah kembali dari Jepang.

"Para alumni magang Jepang kini banyak sukses, ada yang menjadi tokoh panutan yang sukses menjadi pengusaha di dalam daerah maupun di luar daerah, bahkan ada yang sukses jadi politisi," katanya.

Ia mencontohkan alumni program magang ke Jepang yang sukses di antaranya Syamsul Hadi, pengusaha Havara Digital Printing yang punya 40 karyawan.

Selain itu, ia melanjutkan, ada pengusaha Oktavianus di Lombok Barat yang telah mempekerjakan 35 orang karyawan di bawah PT Utama Steel.

"Berikutnya Buchari Muslim, yang juga pengusaha, dan kini duduk sebagai anggota DPRD NTB. Dan banyak lagi para alumni yang sukses meniti karier di berbagai bidang usaha," kata dia.

Dia meminta para peserta program magang ke Jepang memanfaatkan secara optimal kesempatan yang sudah diraih.

"Manfaat kesempatan ini, karena magang di Jepang sama dengan bekerja, karena mendapatkan uang saku yang hampir sama dengan gaji," katanya.

"Selama di Jepang harus jaga nama baik daerah, institusi, dan negara. Saat ini nama baik NTB di Jepang sangat harum. Bahkan Konjen Jepang yang baru-baru ini berkunjung ke kantor Disnakertrans NTB mengatakan anak magang dari NTB multitalenta," ia menambahkan.