Satgas TMMD Kodim beri layanan kesehatan "door to door"

id Satgas TMMD Kodam, pemeriksaan kesehatan gratis, Bulukumba

Satgas TMMD Kodim beri layanan kesehatan "door to door"

Tim Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 oleh Kodim 1411/Blk saat memeriksa kesehatan warga di lingkungan Lemo-Lemo, Kelurahan Tanah Lemo, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan secara gratis, Sabtu (5/08/2023). ANTARA/HO-Satgas TMMD Kodim Bulukumba

Makassar (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 oleh Kodim 1411/Blk memberikan pelayanan kesehatan "door to door" atau dari rumah ke rumah di lingkungan Lemo-Lemo, Kelurahan Tanah Lemo, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Satgas TMMD menyambangi rumah-rumah warga untuk memberikan pelayanan kesehatan yakni pemeriksaan dan pengobatan secara gratis kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Tanah Lemo, Bulukumba, Sabtu.

Dansatgas TMMD Ke-117 Letkol Inf Kaharuddin Dj menjelaskan bahwa tim kesehatan bertanggung jawab atas kesehatan anggota Satgas. Namun, atas pertimbangan kemanusiaan, mereka juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan metode pintu ke pintu, tim kesehatan memberikan layanan kesehatan secara cuma-cuma, menciptakan kedekatan dan hubungan emosional yang erat antara TNI dan masyarakat. "Ini adalah salah satu manifestasi dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Letkol Kaharuddin.

Ia menjelaskan bahwa prajurit TNI selalu berperan sebagai pelindung masyarakat di manapun mereka berada. Oleh karena itu, dalam TMMD ini, TNI berusaha memberikan dukungan yang dibutuhkan masyarakat, termasuk layanan kesehatan gratis.

Baca juga: HUT ke-7, Aruna Senggigi Resorts & Convention Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Baca juga: Calon haji Lombok Tengah menjalani pemeriksaan kesehatan


Selain memberikan layanan pemeriksaan kesehatan, tim kesehatan TMMD juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjalani gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Hal paling sederhana yang disampaikan dalam edukasi tersebut yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus dipahami dan sebaiknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari sebagai upaya mencegah penyakit menyerang tubuh.