Mataram mengajak masyarakat pasang bendera semarak HUT ke-78 RI

id Mataram ajak warga pasang bendara,Bendera Merah Putih, Hari Kemerdekaan RI, Mataram

Mataram mengajak masyarakat pasang bendera semarak HUT ke-78 RI

Salah satu titik bendera yang dipasang secara mandiri di depan rumah pribadi warga di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyemarakkan HUT ke-78 RI dengan memasang Bendera Merah Putih atau umbul-umbul secara mandiri di lingkungan masing-masing.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram Zarkasyi di Mataram, Rabu, mengatakan, untuk mengajak masyarakat telah disiapkan surat edaran yang nantinya akan disebar ke camat, kelurahan, dan lingkungan.

"Dalam surat edaran itu, kami mengajak masyarakat semarakkan HUT ke-78 RI, dan HUT ke-30 Kota Mataram pada 31 Agustus 2023, dengan memasang bendera dan umbul-umbul di lingkungan masing-masing," katanya.

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, jiwa patriotisme, semangat kebersamaan, toleransi dan lainnya. "Insyaallah, jika surat edaran itu hari ini ditandatangani Wali Kota Mataram, besok pagi (10/8) kita mulai sebar," katanya.

Di sisi lain, lanjutnya, Pemerintah Kota Mataram juga akan melaksanakan pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera yang dilaksanakan serentak secara nasional pada Jumat (11/8) di Taman Sangkareang Mataram.

Kegiatan tersebut diawali dengan gerakan jalan sehat semua pegawai ASN dan non-ASN lingkup Pemerintah Kota Mataram di Jalan Pejanggik dan berakhir di Taman Sangkareang. "Di Taman Sangkareang dilaksanakan acara seremonial penyerahan bendera oleh Forkopimda ke Pemerintah Kota Mataram," katanya.

Baca juga: 2.093 narapidana di NTB menerima remisi di Hari Kemerdekaan RI
Baca juga: Semarakkan hari Kemerdekaan RI, Antara NTB selenggarakan lomba "photophone"


Dengan demikian, diharapkan program pembagian 10 juta bendera kepada masyarakat oleh pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dunia usaha dan dunia industri dan lainnya dapat ditindaklanjuti. "Khusus kita di Kota Mataram, program pembagian 10 juta bendera akan dilaksanakan melalui kecamatan. Insyaallah, untuk enam kecamatan se-Kota Mataram kita siapkan 1.000 bendera," katanya.