Raker ke-II PWI KSB hasilkan delapan program prioritas

id PWI KSB,PWI NTB,PWI,Raker PWI KSB,Sumbawa Barat

Raker ke-II PWI KSB hasilkan delapan program prioritas

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nusa Tenggara Barat, H Nasruddin Zain, melantik pengurus PWI Sumbawa Barat periode 2023-2026. 

PWI akan mengupayakan pengadaan lahan dan selanjutnya secara bertahap bangunan sekretariat akan dibangun
Mataram (ANTARA) - Rapat Kerja (Raker) ke-2 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa Barat di Mataram pada 18-19 Agustus 2023, menghasilkan delapan program kerja prioritas yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusan 2023-2026. 

Program kerja prioritas pertama adalah peningkatan kapasitas wartawan anggota PWI melalui pelatihan jurnalistik secara berkala dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Saat ini seluruh anggota PWI KSB memang telah mengikuti UKW dan tersertifikasi dewan pers. Tetapi UKW tetap menjadi prioritas, khususnya untuk kenaikan jenjang mengingat sebagian anggota PWI KSB adalah pengelola media yang membutuhkan jenjang kompetensi lebih tinggi dari wartawan muda. 

Program peningkatan kompetensi ini akan diperkuat dengan tradisi intelektual dengan program diskusi berkala tentang Pers dan isu-isu lain yang aktual dan menjadi perhatian publik.

Program prioritas berikutnya adalah pembangunan kantor sekretariat PWI Sumbawa Barat. Keberadaan Sekretariat penting bagi organisasi, bukan sekedar sebagai tempat berkumpul, tetapi juga menjadi identitas dan tempat konsolidasi serta kegiatan peningkatan kapasitas anggota. 

"Insya Allah dalam tahun ini PWI akan mengupayakan pengadaan lahan dan selanjutnya secara bertahap bangunan sekretariat akan dibangun," ungkap Ketua Panitia Pelantikan dan Rapat Kerja ke-2 PWI KSB, Khairuddin Enk usai penutupan Raker di Mataram.

Program PWI Goes To School and Campus, dalam bentuk kerja sama pengenalan dunia jurnalistik kepada siswa dan mahasiswa dengan sekolah dan kampus yang ada di KSB, menjadi program prioritas berikutnya yang akan lebih ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya.

"Berikutnya adalah Family Gathering dan pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Di samping untuk memperkuat silaturahmi, IKWI juga menjadi pendukung suksesnya program kerja yang dilaksanakan PWI," urai Enk.

Untuk mendukung program pembangunan daerah dibidang pariwisata, investasi, UMKM, Industri dan lain-lain, PWI KSB mencanangkan program Journalis Camp yang dikemas dalam bentuk ekspedisi.