MSC mendukung lima perikanan berkelanjutan

id Msc, perikanan, hirmen sofyanto,perbaikan perikanan,berkelanjutan,KKP

MSC mendukung lima perikanan berkelanjutan

Direktur Program MSC Indonesia Hirmen Sofyanto saat peluncuran situs regional milik MSC Indonesia di Sari Pacific Jakarta, Jumat (9/6/2023). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Bogor, Jabar (ANTARA) - Organisasi nirlaba internasional Marine Stewardship Council (MSC) mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pengimplementasian perbaikan lima perikanan di Indonesia.

Direktur Program MSC Indonesia, Hirmen Sofyanto dalam keterangan kepada ANTARA di Bogor, Jawa Barat, Kamis, menjelaskan bahwa perbaikan perikanan di bawah "Pathway to Sustainability Project" itu dilakukan kepada lebih dari 60 staf MSC dari kawasan Asia Pasifik dan Amerika.

Lima perikanan yang telah didukung oleh MSC dan KKP adalah kepiting rajungan di Pulau Madura, Jawa Timur oleh Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (APRI), udang di Kalimantan Selatan oleh PT Sekar Laut Tbk.

Kemudian, kepiting bakau di Pulau Kei, Provinsi Maluku, oleh Yayasan WWF-Indonesia, kerapu kakap di Teluk Saleh oleh Rekam Nusantara di Nusa Tenggara Barat, dan tuna sirip kuning dan cakalang oleh Asosiasi Perikanan Pole & Line dan Handline Indonesia (AP2HI). "Masing-masing perikanan mempresentasikan perjalanan, tantangan, dan pencapaian besar sejak awal program," katanya.

Ia menjelaskan perbaikan perikanan tersebut merupakan bagian dari kerja sama MSC dengan KKP berdasarkan nota kesepahaman (MoU) yang disepakati untuk pengembangan produk kelautan dan berkelanjutan Indonesia, yang secara resmi dimulai pada 2019 yang dan berlanjut ke periode kedua pada 2022-2025.

MoU kedua menargetkan MSC bersama pemerintah dan pemangku kepentingan, akan fokus pada program peningkatan perikanan nasional untuk perikanan prioritas seperti tuna, kepiting lumpur, kepiting, udang, cumi-cumi, ikan pelagis besar dan ikan pelagis kecil.

Baca juga: Indonesia catat potensi transaksi Rp238 miliar di ajang WSS
Baca juga: DKP Badung cegah stunting melalui Gemarikan


Program MSC dalam pengembangan kelautan dan perikanan di Indonesia, katanya, bertujuan untuk mendukung percepatan kemajuan perikanan dan pemasaran produk perikanan berkelanjutan di Indonesia melalui peningkatan Program Peningkatan Perikanan nasional dan dengan meningkatkan aksesibilitas pemasaran produk perikanan berkelanjutan.

MSC adalah organisasi nirlaba internasional yang berfokus pada perikanan berkelanjutan dan melindungi pasokan makanan laut (seafood) untuk masa depan. MSC peduli terhadap kesehatan lautan dunia dengan menghargai dan mengakui praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan.