Genesia UMY menggelar Pesta Rakyat di kaki Gunung Rinjani

id Genesia UMY,KKN UMY,Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,Pesta Rakyat,Gunung Rinjani

Genesia UMY menggelar Pesta Rakyat di kaki Gunung Rinjani

Generasi Indonesia Mengabdi (GENESIA) KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Jawa Tengah, menggelar Pesta Rakyat Bilok Petung ke-2 (Prabu) pada 8 September 2023 mendatang. 

"Pesta rakyat ini juga sebagai ajang silaturahmi antar-masyarakat dan pemerintah
Sembalun, Lombok Timur (ANTARA) - Generasi Indonesia Mengabdi (Genesia) KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Jawa Tengah, menggelar Pesta Rakyat Bilok Petung ke-2 (Prabu) pada 8 September 2023 di kaki Gunung Rinjani.

Kegiatan bertajuk "Berdaya Saiang Melalui UMKM, Pariwisata dan Pelestarian Budaya" digelar di lapangan umum Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Ketua Pelaksana Prabu, Al Hibni Fadhil Hidayah, di Lombok, Selasa, menjelaskan, tujuan digelar pesta rakyat ini untuk mempromosikan UMKM, pariwisata, dan pelestarian budaya. 

"Pesta rakyat ini juga sebagai ajang silaturahmi antar-masyarakat dan pemerintah, terutama Pemdes Bilok Petung dengan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan Pesta Rakyat kali ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2022 ditempat yang sama.

"Dengan kesuksesan tahun kemarin, maka tahun ini kami gelar lagi dengan lebih meriah dari tahun sebelumnya," tutur Fadhil.

Pesta Rakyat tersebut, kata dia, akan diikuti UMKM masyarakat setempat. "Melalui acara ini, para kelompok UMKM dapat mempromosikan produk mereka dan meningkatkan penjualannya," kata Fadhil.

Dalam acara tersebut, kata dia, Divisi Media Kreatif juga akan menampilkan keindahan alam dan budaya Desa Bilok Petung dalam bentuk video dokumenter, sebagai ajang promosi pariwisata daerah setempat.

"Divisi Media Kreatif akan menampilkan output sosialisasi mereka yang dibuat langsung oleh siswa-siswi SMK. Hal ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Sembalun, khususnya Desa Bilok Petung, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," jelas Fadhil.