Artis nasional ramaikan pergelaran Persembahan Dari Solo

id Pura Mangkunegaran, persembahan dari Solo

Artis nasional ramaikan pergelaran Persembahan Dari Solo

Istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda menyapa salah satu personel Xodiac pada acara Persembahan Dari Solo di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2023). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) -
Sejumlah artis nasional hingga luar negeri, mulai dari Fabio Asher, boyband Korea Xodiac, hingga Anggun C Sasmi meramaikan pergelaran acara Persembahan Dari Solo yang merupakan proyek kolaborasi antara Pemerintah Kota Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Shopee Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang tersebut dibuka dengan penampilan apik penari EkosDance Company. Selanjutnya, diikuti penampilan penyanyi muda Fabio Asher.

Salah satu lagu yang dibawakan Fabio berjudul "Rumah Singgah". Penampilan Fabio pun diiringi fashion show yang antara lain menghadirkan model papan atas Kimmy Jayanti.

Yang spesial dari acara tersebut adalah penampilan dari kelompok musik asal Korea Selatan Xodiac yang membawakan lagu berjudul "Special Love".
Salah satu personel Xodiac Zayan mengaku tersanjung karena diundang oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk tampil di acara tersebut.

"Terima kasih ke warga Solo, Wali Kota Surakarta yang sudah mengundang kami untuk tampil di Pura Mangkunegaran. Kami terkesan banget dengan trip Solo kali ini, bisa perform di acara ini. Kami sangat tersanjung," katanya.

Sementara penyanyi kawakan Anggun C Sasmi tampil berduet dengan penyanyi keroncong Waljinah. Keduanya membawakan lagu berjudul "Kota Solo".

Lagu unggulan Anggun berjudul "Mimpi" pun menjadi penutup acara.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku puas dengan pergelaran acara tersebut. "Kami ingin menunjukkan bahwa Mangkunegaran capable (layak) untuk menggelar acara sekelas ini. Hari ini event yang luar biasa," katanya.

Ia mengatakan akan menindaklanjuti acara tersebut dengan sejumlah acara lain yang tidak kalah menarik, termasuk juga hasil perjalanannya dari luar negeri beberapa waktu lalu.
 
"Saya kalau dari luar negeri pasti ada sesuatu yang saya datangkan. Ini kan awalan saja," katanya.

Sementara itu, beberapa artis dan pemengaruh juga terlihat menghadiri acara tersebut, di antaranya Nikita Mirzani, Keanu, Awkarin, dan putra Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo.

Director and Country Head of Sea Group Indonesia--perusahaan induk Shopee Indonesia--Kiky Hapsari mengatakan tujuan acara tersebut untuk lebih melestarikan budaya.

Baca juga: Juara Festival Catur Pelajar Nasional dikirim ke kejuaraan ASEAN
Baca juga: Parade budaya meriahkan Festival Tangga Banggo 2023


"Ini sangat penting dilestarikan, kami juga sudah meng-endorse UMKM dan fashion. Kami juga sudah banyak kerja sama dengan Solo, investasi UMKM, bawa produk UMKM sampai Paris, Korea. Ini salah satu bentuk kerja sama (yang lain, Red.)," katanya.