Program bedah rumah digelar di Desa Batu Tulis Loteng

id Bedah Rumah Lombok Tengah,Rumah,Lombok Tengah,Darrut Tauhid

Program bedah rumah digelar di Desa Batu Tulis Loteng

Program bedah rumah warga yang tidak layak huni di Desa Batu Tulis, Jonggat, Lombok Tengah, Jumat (22/9), digelar oleh Darrut Tauhid Peduli Sejahtera.

Mataram (ANTARA) - Program bedah rumah warga yang tidak layak huni di Desa Batu Tulis, Jonggat, Lombok Tengah, Jumat (22/9), digelar oleh Darrut Tauhid Peduli Sejahtera.

Sadi (50), pengurus Program Bedah Rumah, mengatakan, program tersebut sudah direncanakan selama tiga bulan dan mulai terlaksana pada 22 September 2023.

"Program ini kami mulai pada hari ini, dan ini merupakan pertama kali di Desa Batu Tulis," katanya.

Ia menjelaskan pihaknya menggalang dana program tersebut bukan hanya berasal dari dalam negeri, namun juga luar negeri

"Tidak banyak penggalangan dana yang dapat disumbangkan, walau sedikit asalkan bisa tetap berjalan," kata Ragil, pengurus DT peduli NTB.

Untuk mendapatkan bedah rumah ini juga harus memenuhi beberapa syarat, kata dia, karena dana tersebut dikelola dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Ragil juga mengelola seperti amil zakat, infaq, waqof dan dana CSA yang memiliki pos masing-masing. Salah satu syarat dari infaq umum untuk mendapatkan bedah rumah, yaitu, kondisi rumah dan rumah tangganya.

"Sebenarnya ini bukan program regular kami, tapi ini bersifat insidental ketika ada bencana kami menanggulangi. Hanya saja, kami belum mendapatkan momentum tersebut," katanya.