Bank Mandiri Taspen bedah rumah pensiunan di Mataram

id Mandiri Taspen,Program TJSL,Bedah Rumah,Mataram,Errinto Pardede

Bank Mandiri Taspen bedah rumah pensiunan di Mataram

Bank Mandiri Taspen melakukan serah terima realisasi program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) bedah rumah kepada Wasilah di Monjok, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Mandiri Taspen)

Mataram (ANTARA) - Bank Mandiri Taspen melakukan serah terima realisasi program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) bedah rumah kepada Wasilah di Monjok, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program TJSL Bedah Rumah ini diberikan kepada nasabah yang merupakan pensiunan ASN dan TNI/Polri yang memenuhi kriteria.

Kepala Divisi Corsec & Legal Bank Mandiri Taspen Errinto Pardede mengatakan, Wasilah telah layak atau memenuhi kriteria untuk mendapatkan renovasi atau bedah rumah Bank Mandiri Taspen. Setelah dua bulan proses pembangunan, rumah milik Wasilah sudah rapi dan layak huni.

"Semuanya sudah rapi, sehingga kita adakan peresmian sebagai bentuk penyerahan kepada ibu Wasilah," katanya.

Bank Mandiri Taspen memiliki 9 distribusi daerah di Indonesia, dan Mataram termasuk kedalam salah satu kota distribusi tersebut. Sebelum melakukan bedah rumah, pihaknya melakukan observasi lapangan untuk memastikan layak atau tidaknya nasabah calon penerima TJSL tersebut.

"Kebetulan dari hasil seleksi kita, ibu ini layak untuk mendapatkan bantuan ini, apalagi tanahnya merupakan miliknya sendiri," ujar Errinto.

Baca juga: Bank Mandiri siapkan Rp256 miliar kebutuhan Lebaran di NTB

Selain di Kota Mataram, tahun ini Bank Mandiri Taspen juga menyerahkan TJSL Bedah Rumah di kota Kulonprogo dan Bengkulu. Sebelumnya, hal serupa juga telah dilaksanakan di empat daerah lainnya, yakni Pangandaran, Lahat, Surabaya, dan Atambua dengan memberikan fasilitas Bedar Rumah disetiap unitnya kurang lebih sebesar 60 juta.

"Memang jumlahnya tidak banyak tapi kita berikan konsisten, setiap tahun ada. Di sini (rumah Wasilah) renovasi plus, tapi banyak juga yang diperbarui, secara struktur lumayan banyak," ucap Errinto.

Ia berharap, TJSL bedah rumah ini bisa memberikan kesejahteraan bagi pensiunan yang menjadi penerima. Terlebih jika pensiunan tersebut sudah meninggal dunia, maka TJSL ini dapat dinikmati keluarga yang ditinggalkan.

"Seperti ini pensiunan yang sudah almarhum, dan istrinya (Wasilah, Red) bisa menikmati, apalagi beliau dulu adalah guru yang banyak berkontribusi membuat bangsa ini lebih cerdas," katanya.

Branch Manager PT Taspen (Persero) Mataram, Firson Arya Iskandar mengatakan, TJSL bedah rumah untuk pensiunan ASN dan TNI/Polri ini sangat membantu peserta Taspen.

Pihaknya sangat mendukung dan berharap ke depan tidak hanya skala nasional, tapi bisa per wilayah.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena memberikan bantuan ke pensiunan secara keseluruhan, apalagi ini adalah nasabah kami," ujarnya.

Baca juga: Bank Mandiri dukung berbagai ajang Sirkuit Mandalika-NTB

Sementara itu, Branch Manager PT ASABRI (Persero) Cabang Mataram, Nugrah Wahyu Wicaksono mengatakan, kegiatan penyerahan TJSL bedah rumah ini membawa dampak positif. Tidak hanya untuk pihak pengelola tapi juga peserta, terutama peserta yang dirasa kurang mampu.

"Saya merasakan dampak positif dengan kehadiran Bank Mandiri Taspen ini di tengah masyarakat Kota Mataram," ujarnya.  

Penerima TJSL Bedah Rumah, Wasilah mengaku bersyukur dan bahagia bisa mendapatkan bantuan tersebut. Dirinya tidak pernah membayangkan sebelumnya jika akan menerima bantuan bedah rumah tersebut.

Ia mengaku menerima kabar bantuan TJSL bedah rumah sekitar empat bulan lalu. Saat itu, pihak Bank Mandiri Taspen mengabarkan dirinya menjadi penerima bantuan bedah rumah. Setelahnya, pihak Bank Mandiri Taspen melakukan survei kondisi rumahnya.

Kondisi rumah Wasilah saat itu jauh dari kata layak. Bangunan rumahnya terbuat dari setengah bata dan bedek dengan atap yang bocor. Pada bagian dapur, bangunannya juga dari bedek dengan lantai semen yang sudah hancur tidak beraturan.

"Sekarang sudah beda 360 derajat, lebih nyaman karena lantainya tidak pecah-pecah dan atapnya tidak bocor. Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bank Mandiri Taspen, mulai dari pembangunan hingga bangunan ini jadi, tidak hentinya mendampingi," tutur Wasilah.