Tanah Bumbu Kalsel vaksin rabies ratusan hewan

id Vaksin rabies, berita kalsel,Rabies

Tanah Bumbu Kalsel vaksin rabies ratusan hewan

Tanah Bumbu gencarkan program vaksinasi rabies (ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Bumbu)

Batulicin (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, memvaksin rabies terhadap ratusan hewan jenis anjing, kucing, dan monyet.

Kepala DKPP Tanah Bumbu Hairuddin di Batulicin, Ahad, mengatakan kegiatan vaksin rabies dilaksanakan pada sejumlah kecamatan di Kabupaten “Bumi Bersujud". "Ini sebagai bentuk perlindungan kepada hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing agar selalu aman dari rabies," kata Hairuddin.

Ia mengatakan, sejauh ini di Kabupaten Tanah Bumbu tidak ditemukan penyakit rabies pada hewan, namun semua elemen masyarakat harus tetap waspada karena gigitan hewan yang terjangkit rabies sangat berbahaya bagi manusia.

Total vaksinasi rabies yang dilaksanakan tersebar pada empat kecamatan, yakni Batulicin Puskeswan Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Puskeswan Sebamban Kecamatan Sungai Loban, dan Puskeswan Kecamatan Angsana.

Terdapat sebanyak 657 ekor terdiri dari hewan anjing mencapai 378 ekor, kucing (278 ekor) dan monyet (satu ekor) dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia setiap 28 September. Tema hari rabies sedunia 2023 adalah "All for 1, One Health for All" atau semua untuk satu dan satu kesehatan untuk semua. "Melalui vaksinasi ini masyarakat jadi terlindung dari bahaya rabies yang bisa ditularkan melalui hewan pembawa penyakit rabies," ungkap Hairuddin.

Baca juga: Ribuan hewan di Yogyakarta sudah divaksin rabies
Baca juga: Dinas KP3 Medan vaksin 1.588 ekor hewan peliharaan


Sebelumnya, Balai Veteriner Banjarbaru Kalimantan Selatan menggencarkan vaksinasi rabies di wilayah Pulau Kalimantan dengan menargetkan bebas penyakit rabies pada 2023 mendatang. Kepala Balai Veteriner Banjarbaru Putut Eko Wibowo memberikan vaksin terhadap 600 dosis terhadap hewan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Sosialisasi terus digencarkan dan vaksinasi juga dengan target 5.000 hewan yang divaksin baik melalui program dinas dan instansi terkait maupun saat ada even seperti hari rabies sedunia ini," ucap Putut.