Kemendikbudristek anugerahi Merdeka Belajar

id BPMP Kalsel,Kemendikbudristek,Apresiasi Merdeka Belajar Kalsel 2023,Merdeka Belajar,Kalsel

Kemendikbudristek anugerahi Merdeka Belajar

Kepala BPMB Kalsel Yuli Haryanto saat menyerahkan penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar 2023 kepada tenaga pendidik berprestasi se-Kalsel di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (1/12/2023) malam. (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Banjarmasin (ANTARA) - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan anugerah penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar 2023 kepada tenaga pendidik berprestasi di kabupaten dan kota se-Kalsel.

“Kami memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik yang berhasil menerapkan program Merdeka Belajar dengan target terealisasi rata-rata mencapai 80 persen,” kata Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan (BPMB) Kalimantan Selatan Yuli Haryanto usai menyerahkan penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar 2023 kepada tenaga pendidik berprestasi se-Kalsel, di Banjarmasin, Jumat malam.

Ia menyebutkan penghargaan yang diberikan itu terdiri atas 14 kategori yang berkaitan dengan keberhasilan implementasi program Merdeka Belajar yang dilaksanakan tenaga pendidik di sekolah-sekolah di Kalimantan Selatan.

“Pemberian penghargaan ini bukan berarti menjadi penilaian buruk bagi tenaga pendidik yang belum mendapatkan penghargaan, sehingga saya harapkan bentuk penghargaan ini dapat memotivasi kabupaten dan kota mencapai target implementasi Merdeka Belajar,” ucapnya.

Yuli menjelaskan kendati masih banyak sekolah-sekolah di daerah pelosok yang sulit di akses transportasi dan jaringan internet, namun para tenaga pendidik menunjukkan komitmen dengan mengimplementasikan target Merdeka Belajar hampir mencapai 80 persen.

Beberapa implementasi itu seperti aktivasi akun belajar id, pemanfaatan Google Workspace for Education, rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), dan sebagainya.

Kebijakan ini juga telah melahirkan lima area perubahan di Kalimantan Selatan, yakni kurikulum belajar, evaluasi sistem penjaminan mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, sinergitas pemerintah daerah, serta kesesuaian pendidikan dengan dunia usaha.

Menurut dia, para tenaga pendidik yang berprestasi di kabupaten dan kota layak menerima penghargaan untuk memotivasi dan menyemangati para tenaga pengajar mencetak sumber daya manusia (SDM) pelajar yang berkualitas untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ia mengungkapkan Kemendikbudristek melalui BPMP Kalsel berkomitmen berkolaborasi dengan pemerintah daerah yakni dinas pendidikan di kabupaten dan kota untuk menyukseskan program Merdeka Belajar.

Ia meminta tenaga pendidik di kabupaten dan kota melalui dinas pendidikan berkoordinasi dengan pihaknya jika membutuhkan pendampingan atau hal lain dalam menjalankan program Merdeka Belajar.

Dia juga berharap tenaga pendidik tidak hanya fokus terhadap target realisasi Merdeka Belajar yang harus dicapai, tetapi juga harus memperhatikan apakah dampak program tersebut sudah memberikan perubahan kepada para pelajar.

Baca juga: Kemendikbudristek mendukung vokasi siap masuk industri bisnis ritel
Baca juga: Kemendikbudristek ingin banyak film harumkan Indonesia


“Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kalimantan Selatan, termasuk menyukseskan program prioritas yaitu Merdeka Belajar,” ujar Yuli.