Kodim 1606-Pemkot Mataram antisipasi penyakit di musim hujan

id Kodim 1606,Kodim Mataram,Pemkot Mataram,Mataram,Komandan Kodim 1606/Mataram Letkol Arm Muhammad Saifuddin Khairuzzamani

Kodim 1606-Pemkot Mataram antisipasi penyakit di musim hujan

Kodim 1606 bersama Pemerintah Kota Mataram, bersinergi mengantisipasi penyakit di musim hujan lewat bersih-bersih di Pasar Pagesangan, Kota Mataram, Kamis (7/12).

Mataram (ANTARA) - Kodim 1606 bersama Pemerintah Kota Mataram, bersinergi mengantisipasi penyakit di musim hujan lewat bersih-bersih di Pasar Pagesangan, Kota Mataram, Kamis (7/12).

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh anggota Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, unsur mahasiswa dan masyarakat. 

Komandan Kodim 1606/Mataram, Letkol Arm Muhammad Saifuddin Khairuzzamani, 
menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan serentak seluruh Indonesia berdasarkan surat perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dalam mengantisipasi dampak musim penghujan.

Pemilihan pasar sebagai tempat "Karya Bhakti Kebersihan Lingkungan" karena pasar merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi. 

"Kalau ada kotor dan sebagainya, rentan untuk penyakit, apalagi penyakit menular dan malaria," kata orang nomor satu di jajaran Kodim 1606/Mataram.

Walikota Mataram, H Mohan Roliskana, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim Mataram karena dalam kondisi musim penghujan saat ini, kegiatan tersebut penting dilakukan untuk menghindari segala ancaman yang ditimbulkan di saat musim penghujan.

Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di wilayah Kota Mataram, harap Wali Kota Mataram, katanya. 

Kegiatan diakhiri dengan langkah preventif yang kuat, yaitu, fogging yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram. Fogging merupakan tindakan pengasapan dengan menggunakan cairan insektisida untuk memberantas nyamuk dan mengurangi risiko penyebaran jentik nyamuk di sekitar pasar. 

Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya fokus pada aspek fisik pembersihan pasar, tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap kesehatan masyarakat, mengantisipasi potensi penyakit yang dapat timbul akibat kondisi lingkungan pasca hujan.