Tim Rangers melaju ke-16 besar setelah tundukkan Real Betis skor 2-1

id liga europa,rangers,sparta praha,atalanta,sporting

Tim Rangers melaju ke-16 besar setelah tundukkan Real Betis skor 2-1

Penyerang Rangers Abdallah Sima merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Betis pada pertandingan Grup C Liga Europa yang dimainkan di Stadion Benito Villamarin, Seville, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/AFP/CRISTINA QUICLER)

Jakarta (ANTARA) - Rangers melaju ke 16 besar Liga Europa setelah menundukkan tuan rumah Real Betis dengan kemenangan 3-2, pada pertandingan Grup C yang dimainkan di Benito Vilamarin, Seville, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.
 

Berkat hasil tersebut, Rangers memuncaki klasemen akhir grup dengan dengan 11 poin, sedangkan Betis harus mengakhiri petualangan Liga Europanya karena hanya mampu berada di posisi ketiga dengan sembilan poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Penyerang Rangers Abdallah Sima membuka keunggulan tim Skotlandia itu pada menit kesepuluh. Tuan rumah Betis tidak tinggal diam, mereka segera menyamakan kedudukan pada menit ke-14 melalui gol Juan Mirande.

Memasuki menit ke-20, Cyriel Dessers merestorasi keunggulan Rangers dengan golnya. Betis kembali tidak memerlukan waktu lama untuk lagi-lagi menyamakan kedudukan, kali ini melalui gol Ayoze Perez pada menit ke-37.

Namun saat pemain pengganti Kemar Roofe mengemas gol bagi Rangers pada menit ke-78, Betis tidak mampu menyamakan kedudukan lagi pada sisa waktu. Rangers pun pulang dari Spanyol dengan oleh-oleh tiga poin serta tiket 16 besar.

Pada laga lain di Grup C, tim tamu Sparta Praha juga membawa pulang kemenangan saat bertandang ke markas Aris Limasol. Kemenangan 3-1 yang didapat klub Republik Ceko itu pun membuat mereka bertengger di posisi kedua klasemen akhir, dan berhak melaju ke putaran playoff.

Sparta tidak membuang waktu untuk membuka keunggulan. Saat waktu baru menunjukkan empat menit, Jan Kuchta sudah membobol gawang Aris. Setelah itu gol-gol berikutnya lahir dari Veljko Birmancevic pada menit ke-11, dan Veljko Birmancevic pada menit ke 46 babak pertama.

Sampai akhir laga, Aris hanya mampu membalas satu gol yang dicetak Leo Bengtsson pada menit ke-84, untuk membuat mereka terpuruk di posisi keempat klasemen grup.

Berikut klasemen akhir Grup C Liga Europa

Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 Rangers 6 3 2 1 8 6 11
2 Sparta Praha 6 3 1 2 9 7 10
3 Real Betis 6 3 0 3 9 7 9
4 Aris Limassol 6 1 1 4 7 13 4

Di Grup D, wakil Italia Atalanta yang sudah memastikan lolos ke 16 besar menutup fase grup dengan kemenangan 4-0 di markas klub Polandia Rakow Czestochowa.

Hasil itu mengokohkan Atalanta di puncak klasemen akhir grup dengan 14 poin, sedangkan Rakow terpuruk di dasar klasemen dengan empat poin.

Penyerang asal Kolombia Luis Muriel membuka pesta Atalanta dengan golnya pada menit ke-14, sebelum Giovanni Bonfanti menggandakan keunggulan La Dea pada menit ke-26.

Setelah turun minum, Muriel kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan golnya pada menit ke-72, dan Charles De Ketelaere menutup pesta klub Bergamo itu dengan golnya pada menit ke-92.

Baca juga: Brighton petik poin setelah seri 2-2 dengan Marseille
Baca juga: Kiper Manuel Neuer jalani latihan bersama Bayern Munich

Wakil Portugal Sporting juga telah memastikan melaju ke fase playoff. Pada pertandingan terakhirnya di fase grup, Sporting menang 3-0 atas tamunya Strum Graz.

Viktor Gyokeres memecahkan kebuntuan untuk Sporting pada menit ke- 39. Pada babak kedua, giliran dwigol dari Goncalo Inacio yang tercipta pada menit ke-60 dan ke- 70 yang melengkapi keunggulan tim tuan rumah.

Berikut klasemen akhir Grup D Liga Europa

Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 Atalanta 6 4 2 0 12 4 14
2 Sporting 6 3 2 1 10 6 11
3 Strum Graz 6 1 1 4 4 9 4
4 Rakow Czestochowa 6 1 1 4 3 10 4