Brighton petik poin setelah seri 2-2 dengan Marseille

id Brighton,Marseille,Liga Europa,Tebak Skor,prediksi juara liga Eropa

Brighton petik poin setelah seri 2-2 dengan Marseille

Penyerang Brighton Ansu Fati (kiri) dan gelandang Marseille Jonathan Clauss (kanan) berebut untuk menyundul bola dalam laga leg pertama Grup B Liga Europa di Stade Velodrome, Marseille, Kami. (ANTARA/AFP-NICOLAS TUCAT)

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion memetik poin perdananya dalam kompetisi Eropa menyusul hasil imbang yang diraih saat melakoni laga kedua melawan Olympique Marseille dengan skor 2-2 di Stade Velodrome, Jumat WIB, demikian catatan UEFA.

Tim tuan rumah mengawali babak pertama dengan baik karena mencetak dua gol cepat pada pertengahan babak. Marseille membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui Chancel Mbemba setelah bek bek berusia 29 tahun itu memanfaatkan umpan dari Jonathan Clauss. Satu menit berselang tim tuan rumah menggandakan keunggulan kali ini melalui Jordan Veretout setelah sebelumnya Amine Harit memanfaatkan kesalahan dari Lewis Dunk. Skor 2-0 untuk Marseille.

Brighton mencoba membalas saat menit ke-29, Danny Welbeck mendapatkan peluang dengan tendangannya yang masih melambung di atas mistar gawang. Saat asik menyerang, pertahanan Brighton lengah dimana mereka hampir kebobolan untuk ketiga kalinya pada menit ke-35. Beruntungnya, kali ini Jason Steele mampu menepis sepakan jarak jauh keras dari Harit.

Pada sisa waktu babak pertama, Brighton dengan ciri khas permainan ball possession-nya mencoba membongkar pertahanan Marseille asuhan pelatih Gennaro Gattuso. Pada menit ke-42, tim berjuluk The Seagulls itu berhasil membongkar pertahanan tim tuan rumah. Namun, sayangnya gagal berbuah gol hampir setelah sundulan Ansu Fati masih diselamatkan oleh Pau Lopez.

Tiga menit berselang, Brighton mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol melalui Welbeck. Namun, lagi-lagi kegemilangan Lopez di bawah mistar masih membuat mantan striker Arsenal dan Manchester United itu gagal merobek jala gawang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Brighton tak ingin membuang-buang waktu dan alhasil Pascal Gross muncul sebagai pencetak gol setelah memanfaatkan umpan Kaoru Mitoma pada menit ke-54. Pada menit ke-73, kedua pemain itu kembali menunjukkan kerja sama luar biasa. Diawali umpan lambung Gross, bola berhasil dikejar Mitoma. Namun, eksekusi pemain timnas Jepang itu gagal menaklukkan Lopez.

Setelah menyerang bertubi-tubi, tim asuhan Roberto De Zerbi itu akhirnya menyamakan skor pada menit ke-88. Pemain yang baru masuk, Joao Pedro sukses menjadi algojo penalti setelah sebelumnya Tariq Lamptey dilanggar di kotak terlarang.

Baca juga: Klub Al Ahli dikabarkan deal datangkan Roger Ibanez
Baca juga: Laga Tim Chelsea vs Everton berakhir imbang skor 2-2


Skor menjadi 2-2 dan tidak berubah hingga wasit yang memimpin laga, Mykola Balakin dari Ukraina meniup peluit panjang. Hasil tersebut tak membuat Brighton mengubah posisi klasemen karena masih menjadi juru kunci dengan satu poin. Sementara itu, hasil ini membuat Marseille mengoleksi dua poin dan berada di posisi kedua klasemen sementara.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Marseille: Pau Lopez, Jonathan Clauss, Chancel Mbemba, Leonardo Balerdi, Michael Murillo, Amine Harit, Valentin Rongier, Jordan Veretout (Azzedine Ounahi 50'), Iliman Ndiaye (Renan Lodi 79'), Pierre-Emerick Aubameyang (Vitor Carvalho 62'), Joaquin Correa (Ismaila Sarr 62')
Pelatih: Gennaro Gattuso

Brighton: Jason Steele, Joel Veltman, Jan Paul Hecke, Lewis Dunk, Tariq Lamptey, Mahmoud Dahoud (Billy Girmour 67'), Pascal Gross, Solly March (Simon Adingra 77'), Ansu Fati (Joao Pedro 67'), Kaoru Mitoma, Danny Welbeck (Evan Ferguson 77')
Pelatih: Roberto De Zerbi.