Jelang Pemilu, Polresta Mataram kawal distribusi logistik

id pengawalan logistik pemilu 2024, pendistribusian logistik pemilu, satgas ops mantap bratha

Jelang Pemilu, Polresta Mataram kawal distribusi logistik

Petugas kepolisian mengawasi truk pengangkut logistik Pemilu 2024 yang datang dari Bali di depan Kantor KPU Kota Mataram, NTB, Senin (18/12/2023). ANTARA/HO-Polresta Mataram

Jadi, pengawalan kami laksanakan mulai dari tempat percetakan di Bali, kemudian lewat jalur darat menuju Pulau Lombok
Mataram (ANTARA) - Tim Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengawal distribusi logistik Pemilu 2024 berupa surat suara untuk Pemilu Anggota DPR RI.

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polresta Mataram Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan di Mataram, Senin, mengatakan bahwa pihaknya memberikan pengawalan mulai dari lokasi percetakan di Provinsi Bali sampai ke Kantor KPU Kota Mataram.

"Jadi, pengawalan kami laksanakan mulai dari tempat percetakan di Bali, kemudian lewat jalur darat menuju Pulau Lombok. Sampai di Pelabuhan Lembar, pengawalan dilanjutkan sampai truk pengangkut logistik pemilu tiba di Kantor KPU Kota Mataram di wilayah Lingkar Selatan," kata Sumadra.

Baca juga: Tim Mabes Polri mengecek sapras pengamanan Pemilu 2024 di Lombok Tengah

Ia menjelaskan bahwa tim yang memberikan pengawalan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Satuan Tugas Operasi Mantap Brata Rinjani 2023—2024.

"Ada dari anggota satlantas, intelijen, sama juga ada dukungan bantuan pengamanan dari Polda NTB, dari satuan PJR sama objek vital dari brimob," ujarnya.

Dari kegiatan pengawalan yang berlangsung hari ini, kata dia, surat suara untuk Pemilu Anggota DPR RI sudah sampai dengan aman di gudang logistik KPU Kota Mataram.

Sumadra meyakinkan situasi distribusi berjalan lancar tanpa gangguan.

"Dalam catatan kami, ada 645 dus berisi 322.459 lembar surat suara yang datang hari ini, ditambah dua dus surat suara PSU (pemungutan suara ulang). Jadi, totalnya ada 647 kotak tiba dengan aman," ucapnya.

Sumadra mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan anggota untuk terus melakukan pengamanan, pemantauan dan pengawasan terhadap logistik Pemilu 2024 yang kini berada di gudang KPU Kota Mataram.

"Pada intinya, kami dari Satgas Operasi Mantap Brata Rinjani 2023—2024 tetap siaga dan secara kontinu melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan dalam setiap distribusi logistik Pemilu 2024," katanya.

Baca juga: Polresta Mataram menerjunkan personel amankan gudang logistik pemilu
Baca juga: KPU Lombok Tengah menerima logistik kotak suara Pemilu 2024