AMIN siapkan program pemungkas di debat kelima capres

id pemilu 2024,pilpres 2024, timnas amin, dewan pakar amin

AMIN siapkan program pemungkas di debat kelima capres

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) mengatakan telah menyiapkan program pemungkas untuk sesi debat kelima capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Minggu (4/2).

“Kami insyaAllah memiliki visi, misi dan program pemungkas untuk debat terakhir. Karena itu penentu akan ada banyak yang menjadi program pemungkasnya,” kata Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva saat ditemui di Jakarta, Senin.

Zoelva mengatakan salah satu gagasan yang dibawa dalam sesi debat kelima capres yang mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi tersebut yakni peningkatan perhatian terhadap sekolah swasta yang menurutnya harus diperbaiki.

Ia menilai dengan membangun kualitas sekolah swasta yang baik, hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia secara masif.

“Sekolah-sekolah swasta sejak zaman Belanda mereka bangun kekuatan sendiri. Ada perlakuan yang tidak adil antara sekolah yang dibangun oleh pemerintah. Ini harus diperbaiki. Karena menurut Pak Anies memperbaiki sekolah swasta berarti memperbaiki kualitas SDM banyak manusia,” ujar Zoelva.

Baca juga: Cawapres Muhaimin katakan dompet rakyat terisi dan belanja murah tanggung jawab negara
Baca juga: KPU NTB coret dua caleg provinsi dari DCT Pemilu 2024


Zoelva mengatakan program peningkatan kualitas sekolah swasta juga secara langsung akan memberikan dampak peningkatan kesejahteraan para guru.

“Kasihan guru-guru swasta ini. Ada kesenjangan yang sangat luar biasa. Mereka ada yang dapat Rp200.000 sebulan, Rp500.000 sebulan, kasihan,” katanya.

Pada Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024.