IHC RSPP menyediakan layanan pengobatan kanker dengan BPJS

id IHC RSPP,Rumah sakit pertamina,Kanker,BPJS,JKN

IHC RSPP menyediakan layanan pengobatan kanker dengan BPJS

Direktur Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) dr Neny Herawati MKKK dalam konferensi pers di Gedung Graha IHC RSPP, Jakarta, Rabu (10/1/2024). (ANTARA/Sean Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Healthcare Corporation Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) menyediakan layanan radioterapi kanker yang dapat diakses oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Tidak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Mulai 1 Januari 2024, untuk layanan radioterapi sudah disetujui oleh BPJS Kesehatan," kata Direktur IHC RSPP dr Neny Herawati, MKKK dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.
 
Melalui sinergi ini, Neny mengharapkan semakin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan, karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya.
 
Selain layanan radioterapi kanker, kata dia, sejumlah layanan lain seperti kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung dan endoskopi kini sedang dalam tahap pengajuan untuk juga dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
 
"Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS, dan mudah-mudahan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini," ujarnya.
 
Lebih lanjut Neny mengungkapkan sampai saat ini IHC RSPP merupakan satu-satunya rumah sakit asal Indonesia yang tergabung ke dalam Mayo Clinic Care Network (MCCN). Adanya status keanggotaan ini, kata dia, memungkinkan IHC RSPP dalam mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di dunia, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, dan pengobatan layanan dan penyakit lainnya.
 
"Hal itu merupakan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional, karena tim medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference dan secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis," ucapnya.
 
Di usianya yang ke-52 tahun ini, Neny menyebutkan IHC RSPP turut melakukan renovasi gedung untuk dapat melayani pasien yang lebih banyak, serta membuat sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dengan digitalisasi mulai dari hulu ke hilir, demi memudahkan pasien yang akan berobat.
 
Sebagai sebuah bukti perubahan serta pengabdian pada masyarakat, IHC RSPP akan menggelar pameran di Mal Kota Kasablanka Jakarta pada 4-10 Maret 2024. Tak hanya pameran, kegiatan itu juga dilengkapi dengan seminar dan konsultasi kesehatan gratis.

Baca juga: Ahli waris marbot masjid di Sumbawa terima santunan Rp42 juta BPJS Ketenagakerjaan
Baca juga: JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan meski aktif bekerja
 
"Selama tujuh hari, pengunjung bisa konsultasi kesehatan secara gratis di area pameran. Setiap hari akan ada dua dokter yang terbagi dalam dua shift, mengikuti jam buka mal yaitu jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kami targetkan sekitar 1.000 orang bisa mendapatkan konsultasi gratis ini," tutur Neny Herawati.