Sebanyak 335 polisi kawal pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Lombok Tengah

id Logistik Pemilu ,Pemilu 2024,NTB,KPU

Sebanyak 335 polisi kawal pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Lombok Tengah

Anggota Polres Lombok Tengah, Provinsi NTB saat melakukan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu 2204 ke desa di daerah setempat, Senin (12/02/2024). (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 335 personel Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dikerahkan dalam pengamanan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari gudang menuju desa atau kelurahan.

"Hari ini kita libatkan 335 personel untuk melakukan pengamanan pendistribusian. Ini dilaksanakan untuk memastikan logistik Pemilu 2024 sampai di masing-masing desa/kelurahan dalam keadaan aman," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat di Praya, Senin.

KPU Kabupaten Lombok Tengah mulai mendistribusikan seluruh Logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara beserta surat suara dan perlengkapan lainnya ke Panitia Pemilihan Suara (PPS).

"Pengamanan tidak hanya berkaitan dengan potensi tindak kriminal, tetapi juga sebagai antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi mengingat saat ini memasuki musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana banjir, longsor dan sebagainya," katanya.

Ia berharap semua komponen yang terlibat dalam tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 dapat bekerja sama agar pemilu  berjalan aman, lancar, dan damai.

"Melihat kondisi cuaca yang berubah-ubah, kami akan pastikan logistik Pemilu 2024 Kabupaten Lombok Tengah sampai tingkat desa dalam keadaan baik mengingat kotak suara dan bilik suara terbuat dari kardus," katanya.

Pengiriman logistik Pemilu 2024 mencakup surat suara untuk pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten serta kotak suara.

"Logistik Pemilu 2024 akan didistribusikan ke 154 desa/keluhan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Hendri Harliawan mengatakan logistik kotak suara itu didistribusikan menggunakan 64 kendaraan truk dan tetap mendapatkan pengawalan dari TNI-Polri.

Sedangkan jumlah logistik kotak suara untuk Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 16.580 kotak suara baik untuk kotak suara DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, calon Presiden dan Wakil Presiden

"Logistik ini didistribusikan ke desa, baru kemudian H-1 didistribusikan ke TPS," katanya.

Baca juga: Logistik pemilu 2024 di Lombok Tengah mulai didistribusikan

Selain mendistribusikan logistik kotak suara, KPU Lombok Tengah juga telah mendistribusikan logistik berupa bilik suara, sehingga untuk logistik Pemilu 2024 ini dipastikan aman atau tidak ada kekurangan.

"Logistik aman, tidak ada kekurangan. Jumlah bilik suara itu sebanyak 5 per TPS," katanya.

Ia mengatakan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lombok Tengah pada Pemilu 2024 mencapai 3.316 TPS yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 375.070 pemilih laki-laki dan 397.336 pemilih perempuan.

“Sehingga total DPT Lombok Tengah mencapai 772.406 pemilih,” katanya.

Baca juga: KPU: Logistik pemilu di NTB sudah 100 persen terpenuhi

Ia mengatakan Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lombok Tengah pada Pemilu 2024 mencapai 3316 TPS yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 375.070 pemilih laki-laki dan 397.336 pemilih perempuan.

"Total DPT Lombok Tengah mencapai 772.406 pemilih," katanya.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.