Indahnya objek wisata Air Terjun Batarius Kalsel

id objek wisata, wisata Air Terjun Batarius, pemkab balangan,kalsel,Air Terjun Batarius ,indahnya

Indahnya objek wisata Air Terjun Batarius Kalsel

Objek Wisata Air Terjun Batarius di Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-TripKalsel)

Sebelumnya juga sudah ada tim peneliti dari Australia yang sudah ke Air Terjun Batarius
Balangan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengembangkan objek wisata unggulan Air Terjun Batarius di Desa Mamigang Kecamatan Halong.

Kepala Desa Mamigang Bagus Susanto di Balangan, Selasa, mengatakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan sudah mengunjungi objek wisata air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter tersebut.

"Sebelumnya juga sudah ada tim peneliti dari Australia yang sudah ke Air Terjun Batarius," kata Bagus. 

Bagus mengatakan pemerintah desa telah mengoperasikan Air Terjun Batarius sehingga warga Balangan maupun luar kota bisa menggunakan paket wisata yang sudah disediakan.

Bagus menuturkan paket wisata yang diberikan pihak pengelola, yaitu rumah menginap, makan, pemandu wisata dan motor trail untuk langsung ke lokasi objek wisata.

Dia menjelaskan perjalanan menuju Desa Mamigang dari Kota Paringin membutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat melintasi jalan yang nyaman.

Kemudian, masyarakat menggunakan sepeda motor trail sekitar satu jam dan melanjutkan perjalanan berjalan kaki sekitar tiga jam hingga lokasi objek wisata.

Dia pun berharap paket wisata diharapkan menarik minat warga Balangan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Batarius untuk mengenalkan potensi wisata alam di Desa Mamigang dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan potensi wisata air terjun yang ada di Kecamatan Halong merupakan proyek strategis untuk dikembangkan, seperti Air Terjun Buntar, Air Terjun Mingwai, Air Terjun Tabur Hasam dan Air Terjun Batarius.

Menurut Abdul Hadi, pengembangan objek wisata untuk menarik minat masyarakat ke Balangan sehingga meningkatkan perekonomian setempat.

Diketahui, Pemkab Balangan bekerja sama dengan Kodim 103 HSU/Balangan sejak 2023 dengan membangun jalan untuk mengembangkan wisata air terjun di Desa Mamigang Kecamatan Halong.