TGB Minta Umat Islam Bali Jaga Persatuan

id Dakwah Nusantara TGB

Ummat Islam tidak boleh ikut menjadi bagian dalam menyebarkan berita berita seperti itu (hoax)
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mengajak ummat Islam di Bali untuk terus menjaga persatuan bangsa dan merawat semangat kebhinekaan.

"Sebab persatuan, merupakan warisan dari para ulama yang menjadi pondasi utama dalam membangun dan memperkokoh tegaknya suatu negara," kata TGB pada acara Tablig Akbar yang dirangkai peluncuran Bansos Online Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Berbagi di Denpasar, Bali.

Ditegaskan TGB, didalam Islam, menjaga persatuan adalah perintah Allah SWT yang tertuang dalam Alquran sebagai pedoman hidup umat muslim. Karenanya, menjaga persatuan adalah kewajiban bagi seluruh umat islam.

Untuk itu, gubernur dua periode ini meminta agar ummat islam, khususnya di Bali, tidak mudah percaya dengan berita berita yang banyak bertebaran di media sosial yang bertendensi fitnah dan hoax.

"Ummat Islam tidak boleh ikut menjadi bagian dalam menyebarkan berita berita seperti itu (hoax)," ujarnya.

Seraya mengingatkan, kalau ada ummat islam yang ikut menyebarkan berita hoax, maka dia telah berbuat dosa karena telah melanggar perintah Allah SWT dan ajaran rasulullah SAW.

Di hadapan ribuan umat muslim yang datang dari kabupaten/kota se-Bali, gubernur yang juga Hafiz Alquran ini, mengajak seluruh umat muslim di Indonesia, khususnya di Provinsi Bali untuk menjadi bagian dalam merawat dan menjaga persatuan NKRI ini, di tengah berbagai macam fenomena yang terjadi sekarang.

Sebab, bertebarnya berita-berita hoax di media sosial yang berisikan kata hujatan dan fitnah yang belum tentu kebenarannya, menurutnya sangat mengancam keutuhan persatuan dan kekuatan kita sebagai bangsa yang mejemuk.

TGB sendiri mengaku, mengapresiasi gagasan kreatif dari IPHI Bali dengan menggalang pengumpulan dana bantuan sosial secara online untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat NTB yang menghadapi berbagai kesulitan sosial di Bali.

Untuk diketahui bahwa program Bansos Online IPHI Berbagi, merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang digagas oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar, untuk mengumpulkan bantuan dari seluruh elemen masyarakat yang ada, khususnya saudara-saudara yang muslim di seluruh Indonesia.

Karenanya, ia berharap program keperdulian sosial itu akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di NTB.

"Mari kita manfaatkan sarana ini sebagai ladang untuk menanam kebaikan melalui bantuan kita untuk sesama," tuturnya.

Lebih lanjut, kata TGB, umat islam di manapun berada, harus selalu tampil menjadi rahmatan lilalamin. Yakni menjadi penyejuk dan pemberi manfaat bagi sesesama manusia bukan hanya kepada sesama umat muslim saja.

"Mari kita jaga persatuan dan persaudaraan di negara kita tercinta ini. Kita hormati dan jaga dengan sebaik-baiknya jasa para pendahulu yang telah bersusah payah meminta persaudaraan sehingga lahirlah bangsa Indonesia yang besar dan indah ini," ajak gubernur. (*)