Makan siang gratis tingkat SMP diuji coba di Aceh Besar

id makan siang gratis,smp,bergizi,lauk pauk,uji coba makan siang gratis

Makan siang gratis tingkat SMP diuji coba di Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menaruh lauk pauk kepada siswa SMPN I Darul Imarah di sela-sela meluncurkan simulasi makan siang gratis bergizi di Darul Imarah, Selasa (ANTARA/M Ifdhal)

Simulasi makan siang gratis bergizi ini merupakan bagian untuk mengetahui secara lengkap terhadap kebutuhan anggaran pelaksanaan program ini

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat melakukan uji coba program makan siang gratis bergizi yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) I Negeri Darul Imarah untuk 60 siswa dan siswi.

“Simulasi makan siang gratis bergizi ini merupakan bagian untuk mengetahui secara lengkap terhadap kebutuhan anggaran pelaksanaan program ini dan akan menjadi masukan nantinya,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Darul Imarah, Selasa.

Baca juga: Pengamat ingatkan publik lebih kritis pada narasi usai Pilpres

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meluncurkan simulasi makan siang gratis bergizi yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar bersama sekolah yang di pusatkan di SMPN I Darul Imarah.

Ia menjelaskan, pelaksanaan simulasi makan siang gratis pertama di Provinsi Aceh tersebut dilaksanakan bagian untuk kesiapan sekolah dan juga daerah apabila program tersebut digulirkan oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah siap untuk melaksanakannya.

Menurut dia, harga kebutuhan pangan di setiap daerah dan juga kabupaten/kota bahkan provinsi berbeda-beda, maka perlu dilakukan penghitungan sehingga anak-anak mendapat makanan yang bergizi.

Baca juga: Menkes: Belum ada pembicaraan program makan siang gratis

Ia mengatakan, pelaksanaan simulasi makan siang gratis yang berlangsung di SMPN I Darul Imarah merupakan hasil sumbangan dari orang tua, guru dan berbagai pihak dengan jumlah peserta sebanyak 60 siswa.

“Kita juga sangat haru dengan simulasi makan siang gratis yang sumber dana sumbangan ini karena peserta yang terlibat dalam program ini adalah anak yatim dan yatim piatu yang ada di sekolah,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Aceh Besar masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat dan apabila program tersebut digulirkan, daerah tersebut telah siap untuk menjalankan program makan siang gratis untuk siswa sekolah.

Ia berharap, program makan gratis dalam bentuk sumber protein hewani, disertai edukasi pangan dan gizi sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada generasi emas tahun 2045 dengan melibatkan partisipasi semua pemangku kepentingan diberbagai tingkatan.
 

Baca juga: Anggaran makan siang gratis berkisar Rp15 ribu, itu di luar susu gratis
Baca juga: Makan siang dan susu gratis serius diwujudkan TKN Prabowo-Gibran