144 peserta ikuti PTQ ke-54 RRI Mataram

id RRI ,PTQ ke-54,Mataram,qoriah nasional ,Al-Quran

144 peserta ikuti PTQ ke-54 RRI Mataram

Pembukaan PTQ ke-54 yang digelar oleh LPP RRI Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (14/3/2024). ANTARA/HO-RRI

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 144 orang peserta berpartisipasi dalam Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ke-54 yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Ratusan orang peserta dari kalangan sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat, pondok pesantren dan perguruan tinggi di NTB, tersebut mengikuti lomba tilawah sebanyak 52 orang, tausiah 42 orang dan tahfidz 50 orang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala LPP RRI Mataram, Yanto Prawironegoro, di Aula Tri Prasetya, RRI Mataram, Kamis (14/3/2024).

Yanto mengatakan, banyak qori dan qoriah nasional dan internasional lahir dari PTQ. Salah satunya, Muhammad Dong dari Sulawesi dan KH. Muammar ZA dari Jawa Tengah.

Menurutnya, PTQ yang digelar RRI Mataram juga mampu melahirkan qori dan qoriah yang mampu mengharumkan nama daerah hingga ke tingkat internasional.

"Kita berharap dari Kota Mataram, dari Bumi Gora ini akan muncul qori dan qoriah nasional maupun internasional di masa yang akan datang. Karena banyak qori dan qoriah internasional lahir dari awal karirnya melalui PTQ RRI," kata Yanto saat membuka PTQ ke-54.

Selain mencetak qori yang berprestasi, Yanto juga berharap kepada para peserta agar dapat menjadikan PTQ ini tidak hanya sekedar perlombaan. Namun, dapat menjadi proses pembelajaran dan pengalaman bagi para peserta kedepannya.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini motivasi adek-adek kita, qori qoriah kita, tilawah, tahfidz, dan tausiah akan semakin berkembang  dan menjadi harapan kita di masa yang akan datang," ujarnya.

PTQ yang diselenggarakan RRI, kata dia, sejalan dengan program pemerintah untuk mencipta generasi emas serta paham dan cinta Al-Quran.

"Jadi harapan para peserta akan menjadi orang-orang yang akan betul-betul muslim yang kaffah. Bukan hanya bisa baca Al-Quran tapi juga pandai di tausiah, dan Tahfidz," ucap Yanto.  

Untuk babak penyisihan PTQ ke-54 dilakukan di kantor RRI Mataram pada 14-15 Maret. Sedangkan untuk final digelar di Masjid Islamic Center pada 17 Maret 2024 berkolaborasi dengan kegiatan Pesona Khazanah Ramadan.