Satu arah masih diterapkan di GT Cikampek-Kalikangkung

id arus mudik, jalan tol trans jawa, GT Kalikangkung, GT Cikampek, Lebaran 2024

Satu arah masih diterapkan di GT Cikampek-Kalikangkung

Petugas mengatur sejumlah kendaraan yang melintas menuju Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/4) malam dini hari. (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Semarang, Jawa Tengah (ANTARA) - Sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau one way pada Jalan Tol Trans Jawa mulai dari gerbang tol (GT) Cikampek KM72- GT Kalikangkung KM414 masih diterapkan hingga Senin malam atau H-2 Lebaran.

"Ya, sejauh ini masih diberlakukan sistem yang sama, one way," kata Kepala Posko Pengamanan Terpadu Kalikangkung AKP Sujid saat ditemui di Semarang, Jawa Tengah, Senin malam dini hari.

Namun, ia mengaku, pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan sistem satu arah tersebut diterapkan karena belum adanya instruksi resmi dari otoritas jalan tol trans jawa dan pimpinan Korps Lalu Lintas Polri.

Untuk diketahui, otoritas jalan tol trans jawa berdasarkan diskresi dari Korps Lalu Lintas Polri sebelumnya menerapkan skema satu arah atau one way pada ruas tol tersebut mulai dari Jumat (5/4) malam dan akan berlangsung hingga Minggu (7/4) malam pukul 24.00 WIB.

"Berlaku situasional mengikuti kondisi volume kendaraan yang melintas, jadi belum tahu sampai kapan," ujarnya.

Terlepas dari situ, Sujid memastikan kondisi arus lalu lintas kendaraan yang datang dari arah barat (Jakarta dan sekitarnya) menuju GT Kalikangkung berlangsung ramai lancar. Pihaknya mencatat saat ini ada sebanyak 3.000 - 3.200 kendaraan per jam yang melintas menuju GT Kalikangkung.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim memantau arus mudik di Bandara Sepinggan
Baca juga: Pemudik waspadai gelapnya tol Trans Jawa ruas Brebes-Semarang


Atau secara keseluruhan berdasarkan data dari petugas Jasamarga Transjawa tol GT Kalikangkung tercatat pada Minggu (7/4) mulai pukul 06.00 WIB - 22.00 WIB sudah sebanyak 47.109 unit kendaraan yang tiba.

"Sudah dibuka 12 pintu tol di Kalikangkung ini sehingga bisa kita saksikan bersama tidak ada antrean," ujarnya.