Tim Amertha Hangtuah curi kemenangan di Surabaya

id ibl,amartha hangtuah,Pacific Caesar

Tim Amertha Hangtuah curi kemenangan di Surabaya

Pebasket Pacific Caesar Surabaya Jaylyn Maurice Richardson (kedua kiri) melewati hadangan pebasket Amartha Hangtuah Jakarta Diftha Pratama (kiri) dalam pertandingan Indonesia Basket League (IBL) 2024 di GOR Pacific Caesar Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/5/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/nym.

Jakarta (ANTARA) - Amartha Hangtuah Jakarta berhasil mencuri kemenangan dari Pacific Caesar Surabaya di GOR Pacific Surabaya, Minggu, dengan skor tipis 78-76 setelah tertinggal 11 poin di pertengahan laga.

Hangtuah melakukan penyesuaian dalam permainannya ketika tertinggal yang membuat tembakan Pacific terhenti di babak kedua. Tim tuan rumah lebih menguasai jalannya pertandingan di paruh pertama meski Pacific baru unggul secara penuh di kuarter dua. Pacific unggul 34-45 saat turun minum.

Namun tertinggal 11 angka tidak lantas membuat Hangtuah menyerah. Mereka bangkit di kuarter ketiga dengan meningkatkan akurasi tembakannya. Tembakan jarak jauh Hangtuah kembali membaik dengan memasukkan 4 dari 7 tripoin dan akurasi tembakan di kuarter ketiga menjadi 63 persen.

Hangtuah kembali melakukan laju poin 9-0 di awal kuarter keempat untuk membalikkan keadaan menjadi 72-65. Namun Pacific berhasil menyamakan kedudukan menjadi 72-72 di sisa 3 menit 53 detik.

Momentum kemenangan bagi Hangtuah terjadi di tiga menit terakhir. Yosua Otto Judaprajitna membuat poin setelah mendapatkan offensive rebound. Kemudian Fisyaiful Amir menambah keunggulan Hangtuah menjadi 76-72. Sementara di sisa satu menit, Zoran Talley Jr. melengkapi keunggulan Hangtuah menjadi 78-74. Dan satu slam dunk dari Richardson membuat kedudukan berakhir 78-76.

Startegi zone defense Hangtuah tampak menyulitkan serangan Pacific di babak kedua. Secara total, Pacific hanya memiliki akurasi tembakan tiga angka 22 persen, 9 berhasil dari 40 upaya. Bahkan pada kuarter empat, 14 percobaan tembakan tripoin dari Pacific tidak ada satu pun yang membuahkan poin.

Baca juga: Pemain Michael Qualls cetak rekor IBL
Baca juga: Tim Satya Wacana kalahkan Bima Perkasa 78-57


Zoran Talley Jr. memimpin Hangtuah dengan hampir membuat triple-double lewat 22 poin, 12 rebound, dan 8 assist. Ronald Delph mencetak double-double dengan kombinasi 18 poin dan 21 rebound. Sementara Gunawan menambahkan 10 poin untuk Hangtuah.

Dari Pacific, Keljin Blevins mencetak 22 poin, Jaylyn Richardson menyumbang 19 poin, dan Daffa Dhoifullah menyelesaikan laga dengan torehan 10 poin. Pacific terpaksa menelan kekalahan ke-12 di musim ini. Sementara Hangtuah mendapatkan kemenangan keenam dari 13 pertandingan.