Tim Thailand kalahkan Australia skor 3-1

id Piala Asia Putri U17, Piala AFC, Piala Asia, Sepak bola putri

Tim Thailand kalahkan Australia skor 3-1

Arsip foto - Pelatih Kepala Timnas Thailand Putri U17 Kritsada Phungmali diwawancarai awak media di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (10/5/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Gianyar, Bali (ANTARA) - Tim Thailand mengalahkan Australia dengan skor 3-1 pada pertandingan terakhir fase Grup B Piala Asia Putri U-17 di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin.

Dengan kemenangan itu, Thailand mengoleksi tiga poin dan Australia nihil poin sejak kompetisi tersebut berlangsung pada 6 Mei. Meski tim dari Negeri Gajah Putih itu menang, namun tim asuhan pelatih Kritsada Phungmali itu tidak lolos ke babak semifinal karena berakhir di peringkat ketiga Grup B. Begitu juga dengan Australia yang bertengger di peringkat keempat.

Pada pertandingan terakhir untuk fase Grup B yang dikawal wasit asal Vietnam Bui Thi Thu Trang, Australia unggul terlebih dahulu melalui tendangan penyerang Lily Punch pada menit ke-31.

Pemain dengan nomor punggung 14 itu sukses melesatkan bola ke gawang yang dijaga kiper Benyapa Singsai. Thailand kemudian membalas serangan tim dari negeri kanguru itu melalui penyerang Kurisara Limpawanichi pada menit ke-38 sehingga kedudukan imbang 1-1 hingga kedua tim turun minum.

Pada babak kedua, Rinyaphat Moondong mencetak gol kedua bagi Thailand pada menit ke-68. Gelandang nomor punggung delapan itu menjebol gawang lawan yang tidak bisa diantisipasi kiper Australia Caoimhe Bray yang sempat mendapatkan kartu kuning pada menit ke-66.

Keberuntungan kembali memihak Thailand setelah pada waktu tambahan enam menit, tim tersebut mencetak gol ketiga melalui Chutikan Kitikhun pada menit ke-96. Hingga peluit panjang ditiup wasit, skor akhir 3-1 tetap bertahan untuk kemenangan Thailand.

Baca juga: Penjaga gawang Gadhiza sesalkan komunikasi antar-pemain buruk
Baca juga: Pelatih Mochi ungkap para pemain Garuda Pertiwi menangis

Sementara itu, pada pertandingan di Grup A yang mempertemukan tim putri Jepang melawan China, dimenangkan oleh Jepang dengan skor 4-0. Dengan hasil tersebut, empat negara yang memastikan diri lolos ke semifinal adalah juara Grup A Korea Utara dengan sembilan poin serta Korea Selatan di peringkat kedua grup dengan empat poin.

Sedangkan dari Grup B, Jepang yang tampil sebagai juara grup dengan mengoleksi sembilan poin dan China sebagai runner up dengan enam poin juga melaju ke semifinal. Adapun babak semifinal dijadwalkan pada Kamis (16/5) dan final dijadwalkan pada Minggu (19/5) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar.


Susunan pemain

Australia: Tartaglia, Meyers, Dewey, Younis, Dos Santos, Fuller, Punch, Annabele Yates, Caoimhe Bray, Khosaba dan Dundas.

Pelatih Kepala: Raeanne Dower

Thailand: Benyapa, Manita, Pinyaphat, Rinyaphat, Achiraya, Madison, Phatcharaphorn, Chirarak, Julaiporn, Prichakorn, Kurusara.

Pelatih Kepala: Kritsada Phungmali