Timnas Korea Utara gilas Filipina skor 6-0 di Piala Asia Putri U-17

id Piala Asia, Piala AFC, Piala Asia Putri U17,Korea Utara,Filipina

Timnas Korea Utara gilas Filipina skor 6-0 di Piala Asia Putri U-17

Timnas Korea Utara menang 6-0 melawan Filipina pada laga penyisihan grup A Piala Asia Putri U17 di Bali United Training Center di Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (9/5/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Gianyar, Bali (ANTARA) - Timnas Korea Utara menggilas Filipina dengan skor 6-0 pada babak penyisihan Grup A Piala Asia Putri U-17 di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis.

Dengan kemenangan itu, tim putri Korea Utara (Korut) mengoleksi enam poin dan Filipina tetap tiga poin. Pada babak pertama yang dimulai pukul 16.00 Wita, tim Korut lebih banyak melakukan serangan ke kubu lawan pada pertandingan yang dikawal wasit asal Jepang Azusa Sugino.

Selama 45 menit ditambah empat menit waktu tambahan, Korut yang saat itu mengenakan jersi berwarna merah membobol gawang lawan dengan empat gol. Gol pertama tim asuhan pelatih kepala Song Sung Gwon itu dicetak melalui sepakan Jon Il Chong pada menit ke-17.

Filipina yang mengenakan jersi berwarna putih biru itu berupaya melakukan serangan balik, di antaranya melalui penyerang Jael Guy yang bergerak gesit merebut bola.

Namun, tendangan pemain nomor punggung 7 itu belum bisa menembus pertahanan kiper Korut Pak Ju Gyong. Sedangkan, beberapa pemain asuhan pelatih Sinisha Cohadzic itu justru terburu-buru dan koordinasi yang belum matang saat melakukan operan kepada pemain satu tim, sehingga bola justru dengan mudah direbut skuad lawan.

Peluang yang didapat tim Korut itu kemudian secara berturut-turut dikonversi menjadi gol oleh penyerang Kang Ryu Mi yang menjebol gawang Filipina pada menit ke-24, sehingga skor menjadi 2-0

Tiga menit berselang, Jon Il Chong kembali mempersembahkan gol ketiga untuk Korut pada menit ke-27 dan gol keempat tercipta melalui kaki pemain belakang Korut Pak Il Sim pada menit ke-31.

Meski begitu, masih ada peluang gol lebih besar untuk Korut pada babak pertama. Namun kiper Filipina Gabrielle Baker perlu diapresiasi karena berjuang habis-habisan menjaga gawangnya.

Korut makin tidak terkejar hingga papan skor memberikan keunggulan 4-0 sampai kedua tim turun minum. Sementara itu, pada babak kedua yang baru berjalan tiga menit, Korut kembali mencetak gol kelima melalui kaki Choe Chong Gum pada menit ke-48.

Pemain dari negeri yang dipimpin Kim Jong Un itu makin menekan Filipina dengan serangan-serangan berbahaya misalnya tendangan keras pemain belakang Ri Ye Gyong. Namun, sepakan lurus pemain nomor punggung 5 itu membentur tiang gawang sehingga gagal mencetak gol tambahan pada menit ke-54.

Filipina mencoba bangkit dan berusaha menyerang balik melalui Jael Guy, namun peluang gol yang dilesatkan dari sisi kanan itu mampu ditangkis kiper Korut. Saat waktu tambahan empat menit, Korut kembali menambah gol keenam yang dieksekusi pemain nomor punggung 21 Son Jo Ye.

Baca juga: Tim Jepang gasak Thailand skor 4-0
Baca juga: Pemain Collins menilai kunci kemenangan Filipina U-17 karena kendalikan tempo


Hingga peluit panjang ditiup wasit Azusa Sugino, papan skor menunjukkan kemenangan untuk tim Korea Utara tanpa balas dari Filipina dengan skor 6-0. Sementara itu, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, timnas putri Indonesia U-17 dijadwalkan menjamu Korea Selatan, Kamis pukul 19.00 Wita.

Susunan Pemain

Filipina:
Gabrielle Baker, Nina Mathelus, Geline Dizon, Jael Guy, Luna Rivera, Tea Pidding, Ariana Markey, Aiselyn Sia, Ava Villapando, Isabella Alamo, Lauren Villasin.
Pelatih Kepala: Sinisha Cohadzic.

Korea Utara:
Pak Yu Gyong, Ri Ye Gyong, Jon Il Chong, So Ryu Gyong, Ho Kyong, Choe Rim Jong, Kang Ryu Mi, Pak Il Sim, Ri Pom, Ri Kuk Hyang, Ro Un Hyang.
Pelatih Kepala: Song Sung Gwon