Pasangan Darren/Bernadine akui ketangguhan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan

id Darren Aurelius,Bernadine Anindya Wardana,BNI Badminton Asia Championships 2024

Pasangan Darren/Bernadine akui ketangguhan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan

Ganda campuran Indonesia, Darren Aurelius dan Bernadine Anindya Wardana saat bersua ganda China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan di partai Individual final Badminton Asia Junior Championship Yogyakarta di Gor Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7/2024).

Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia, Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana mengakui ketangguhan ganda China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan, 2-0 (12-21 dan 13-21) di babak final BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu.

Pada laga ini Darren/Bernadine kurang bisa menguasai tempo permainan dan terus tertekan dengan gaya permainan wakil Negeri Tirai Bambu tersebut yang bermain menyerang dan akhirnya harus menyerah dua gim langsung dalam tempo 33 menit.

“Lawan lebih unggul, kami harus evaluasi dan nantinya jika kembali bertemu kami bisa membalas kekalahan,” ungkap Darren.

"Lawan tidak mau kalah, mereka fight memang permainan kami kalah. Soal kondisi sudah cukup,” tambah Bernadine.




Hasil ini membuat Darren/Bernadine gagal mengikuti pasangan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil yang sebelumnya berjaya pada ajang AJC 2019 di China.

Saat itu di Suzhou Olympic Sports Center, Leo/Indah yang tampil di partai final menjadi juara seusai mengalahkan wakil China, Feng Yan Zhen/Lin Fang Ling dengan skor 16-21, 22-20, 22-20.

“Kami harus berlatih lebih keras lagi agar ke depannya bisa mendapat hasil lebih baik lagi. Raihan di turnamen ini tentu tidak membuat kami puas. Masih ada beberapa gelar yang harus kami raih lagi,” ujar Darren.

Bernadine mengatakan gelar kali ini dipersembahkan untuk Indonesia yang sudah lama tidak mendapatkan gelar di sektor ganda campuran, kekalahan ini nantinya juga akan menjadi pelecut untuk memberikan motivasi lebih agar bisa memberikan yang terbaik buat Merah Putih

“Raihan runner up pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 kami persembahkan untuk Indonesia. Sudah lama sektor ganda campuran Indonesia belum mendapatkan gelar, kami berharap raihan ini bisa memberikan motivasi buat kami,” ujar Bernadine.

Dengan hasil ini, wakil China tercatat memborong lima gelar juara dari turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Selain Lin/Liu, gelar juara Negeri Tirai Bambu lainnya disumbangkan Hu Zhe An (tunggal putra), Xu Wen Jing (tunggal putri), Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra), dan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri).

Baca juga: BNI menyabet 13 penghargaan dalam ajang Infobank BSEA 2024
Baca juga: Indonesia fokus ke individual usai menjadi semifinalis BAJC 2024


Hu naik podium tertinggi seusai menumbangkan wakil Korea Selatan, Yoon Ho Seong dengan skor 2-1 (13-21, 21-14, 21-14). Dari sektor tunggal putri, Xu Wen Jing juara seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing dua gim langsung, 2-0 (21-13, 21-15).

Dari sektor ganda putra, Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi berjaya seusai mengalahkan pasangan Malaysia, Kang Khai Xing/Aaron Tai straight game, 2-0 (21-13, 21-11). Adapun untuk sektor ganda putri, Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon lewat pertarungan dua gim, 2-0 (21-11, 21-15).

Dikutip dari PBSI berikut hasil final BNI Badminton Asia Junior Championships 2024:

Tunggal Putra: Hu Zhe An (China) vs Yoon Ho Seong (Korea Selatan) 13-21, 21-14, 21-14.

Tunggal Putri: Xu Wen Jing (China) vs Yin Yi Yi Qing (China) 21-13, 21-15.

Ganda Putra: Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (China) vs Kang Khai Xing/Aaron Tai (Malaysia) 21-13, 21-11.

Ganda Putri: Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (China) vs Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-11, 21-15.

Ganda Campuran: Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (China) vs Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Indonesia) 21-12, 21-13.